Kuliner

Roti Kodok, Tren Makanan Baru yang Viral di Media Sosial

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 14 Mei 2020
Roti Kodok, Tren Makanan Baru yang Viral di Media Sosial
Resep roti kodok yang sedang viral (Foto Twitter/@tikatikacosplay/@emmlasagna, TikTok/@hanlyhoney)

SEJAK pandemi virus Corona menyerang dan memaksa orang untuk tetap tinggal di rumah, berbagai resep makanan unik dan menarik langsung bermunculan. Soalnya banyak orang yang akhirnya memilih untuk memasak maupun memanggang kue untuk mengisi waktu.

Baca juga:

3 Sarapan Sehat yang Mudah Dibuat Saat 'Self Quarantine'

Nah, kalau kemarin kopi dalgona jadi terkenal banget, sekarang ada makanan baru bernama roti kodok yang sedang viral di dunia maya. Apalagi kalau bukan karena bentuknya yang lucu dan mirip sama kodok. Tenang, dalam pembuatan roti yang satu ini tidak ada kodok yang dilukai kok. Kalau kamu penasaran, ini dia informasi selengkapnya mengenai froggy bread seperti dikutip dari laman Mashed.

Apa itu frog bread?

Roti Kodok, Tren Makanan Baru yang Viral di Media Sosial
Resep pembuatannya sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali (Foto: The Fresh Loaf)

Seperti namanya, roti yang satu ini unik karena bentuknya yang seperti kodok. Sebenarnya resep roti ini sudah ada sejak tahun 2005 dari situs bernama The Fresh Loaf. Dalam unggahannya itu, sang penulis mengatakan bahwa ia terinspirasi dari sebuah toko roti di San Fransisco yang membuat roti dengan bentuk aligator.

Setelahnya, pembuat roti itu langsung tertarik dengan ide roti berbentuk binatang. Kebetulan istrinya menyukai kodok makanya jadi lah roti yang menyerupai kodok itu.

Seiring waktu berjalan nampaknya pengguna TikTok juga menyukai resep yang satu ini. Buktinya tagar #froggybread sudah dilihat lebih dari 1,7 juta kali. Banyak pengguna yang langsung mengikuti resep yang satu ini untuk menghasilkan roti kodok yang sedang viral.

Baca juga:

Gagal Membuat Dalgona Coffee? Coba Lebih Teliti Tentang 4 Hal Ini

Cara membuatnya

Roti Kodok, Tren Makanan Baru yang Viral di Media Sosial
Bentuk adonan seperti layaknya kodok (Foto: The Fresh Loaf)

Walaupun berbentuk kodok, pembuatan roti yang satu ini sebenarnya enggak berbeda jauh dengan proses memanggang roti pada umumnya. The Fresh Loaf membagikan bahan-bahan yang digunakan, yaitu 750 gram tepung yang tidak di 'bleach', 2 sendok teh garam, 2 sendok teh ragi, 57 gram gula, 470 ml susu hangat, dan 59 sampai 118 ml air.

Kemudian cara pembuatannya, pertama gabungkan semua bahan kering menjadi satu. Lalu campurkan susu dan air secukupnya sampai adonan bisa dibentuk dan knead adonan kurang lebih selama 10 menit. Setelahnya, tutup adonan dengan plastik dan tunggu sampai adonan mengembang selama kurang lebih 90 menit.

Langkah berikutnya adalah membentuk kodoknya. Pertama ambil adonan dan bentuk bulat. Jangan lupa tekan salah satu ujungnya agar membuat ujungnya jadi lebih kecil. Lalu tambahkan bagian kakinya dengan memakai adonan yang lebih sedikit dan potong agar bisa membentuk jari kakinya.

Untuk matanya kamu hanya perlu menempelkan dua bola adonan di bagian depan. Kamu juga bisa tambahkan kismis atau buah lain untuk menjadi bola matanya. Terakhir potong bagian mulutnya dengan pisau sampai membentuk senyuman.

Tahap terakhir adalah memanggang roti kodok. Setelah adonan jadi, tunggu dulu selama kurang lebih satu jam baru kemudian masukkan roti yang sudah dilapisi dengan telur ke dalam panggangan. Setelah 45 menit roti kodokmu sudah jadi deh!

Tidak terlalu sulit bukan? Apalagi dengan bentuknya yang unik ini kamu bisa langsung pamer ke media sosial. (sam)

Baca juga:

5 'Challenge' Instagram Anti Mati Gaya saat #DiRumahAja

#Resep Makanan #Tren Media Sosial #Roti #Viral
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan