Rotasi Indra Sjafri Gagal, Indonesia Takluk 2-1 dari Thailand Selebrasi gol Timnas Indonesia U-19. (PSSI)

Merahputih.com - Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan dari Thailand di laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2018 dengan skor 1-2 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (9/7) malam. Pada pertandingan kali ini, pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri menurunkan pemain yang berbeda dibanding sebelumnya. Keputusan rotasi diambil Indra Sjafri untuk mengistirahatkan beberapa pemainnya.

Hasil ini diperoleh setelah membuka laga dengan saling serang. Indonesia melakukan percobaan pada menit keenam, namun tak berakhir gol. Indonesia kerap ditekan dan mendapat ancaman setelah itu. Sittichok Paso melakukan tembakan pada menit ke-16, bola ditepis Aqil Savik.

Bola sepakan Nakin Wisetchat yang mengarah ke gawang masih bisa ditahan Aqil pada menit ke-27. Usaha Indonesia kerap mentok dan terhenti offside. Timnas Indonesia U-19 kembali mendapat ancaman pada menit ke-32. Bola sepakan Matee Sarakum berujung di pelukan Aqil, adapun tembakannya tujuh menit berselang ditangkap.

Indonesia harus kebobolan pada menit ke-41. Tembakan jarak jauh Nattawut Chootiwat membuat bola meluncur deras dan tak mampu dihadang. Skuat Garuda Muda tertinggal 0-1 dan bertahan hingga paruh pertama berakhir. Timnas Indonesia U-19 belum lepas dari tekanan. Selepas turun minum, skuat asuhan Indra Sjafri diserang. Aqil memblok bola tendangan Suphanat Mueanta pada menit ke-47 sebelum harus memungut bola lagi.

Timnas U-19 v Laos U-19. Foto: PSSI

Skuat Garuda kebobolan untuk kedua kali pada menit ke-50. Itu setelah Matee Sarakum berhasil menyambut umpan yang mengantar bola ke depan gawang Indonesia. Timnas Indonesia U-19 masih kesulitan mencetak gol setelah meningkatkan serangan. Bola tembakan Saddil Ramdani pada menit ke-66 terbang di atas gawang.

Adapun bola sepakan Witan Sulaiman tak menemui sasaran pada menit ke-73. Sedangkan bola tendangan bebas Saddil Ramdani pada menit ke-76 masih tipis di samping gawang.

Indonesia baru mencetak gol pada menit ke-84. Bola umpan terobosan dimaksimalkan Todd Rivaldo Ferre, namun kena tiang. Sementara bola pantul yang disambut Rifad Marasabessy berhasil menggetarkan jala gawang lawan. Skuat Garuda terus mencoba. Pada menit ke-87, Saddil Ramdani melepaskan tembakan, namun bola diamankan. Sementara kerja sama satu-dua, Todd Rivaldo Ferre dan Witan tak berhasil pada menit ke-90.

Upaya Indonesia di sisa pertandingan tak membuahkan hasil. Indonesia harus menelan kekalahan setelah di empat pertandingan sebelumnya menang. Indonesia tetap dengan 12 poin sehingga lolos sebagai runner-up Grup A. Sementara tambahan tiga angka membuat Thailand mengoleksi 13 poin dan menjadi juara grup.

Hasil ini sekaligus membuat Vietnam tersingkir. Di laga terakhirnya, Vietnam ditahan 2-2 oleh Singapura sehingga menutup fase grup dengan delapan poin.

Susunan Pemain

Thailand: Nopphon Lakhonphon (GK), Kittitach Pranithi, Anusak Jaiphet, Kritsana Daokrajai, Thirapak Prueangna, Nakin Wisetchat, Sittichok Paso (C), Nattawut Chootiwat, Sampan Kesi (Sakunchai Saengthopho 66'), Matee Sarakum (Korawich Tasa 66'), Suphanat Mueanta (Yuthapichai Lertlum 57')

Indonesia: Aqil Savik (GK), David Rumakiek, Kadek Raditya, Nurhidayat (C), Rifad Marasabessy, Syahrian Abimanyu, Luthfi Kamal, Todd Rivaldo Ferre, Aji Kusuma (Witan Sulaiman 46'), Hanis Saghara (Rafli Mursalim 70'), Saddil Ramdani (*/Bolaskor.com)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH