Musik
Rossa Rajai Digital Streaming Musik Indonesia di 2020 Rossa sukses catatkan prestasi yang luar biasa di industri musik pada tahun 2020 (Foto: istimewa)

TAHUN 2020 menjadi catatan luar biasa dalam sejarah umat manusia. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah membuat tatanan kehidupan masyarakat menjadi berubah, tak terkecuali di dunia musik.

Ragam adaptasi penuh warna dilakukan oleh semua pihak, untuk bisa tetap bertahan dengan ide, kreasi dan gagasan inovatif yang selama ini belum pernah dilakukan.

Baca Juga:

Spotify Patenkan Pencegah Plagiarisme Penulis Lagu

Hal itu juga dilakukan oleh diva pop Indonesia Sri Rossa Roslaina Handiyani atau yang lebih dikenal dengan Rossa. Penyanyi yang satu ini memiliki jutaan penggemar yang tersebar di Indonesia, Malaysia, Singapura, Hongkong, Brunei dan negara lainnya.

Rossa berhasil merajai sejumlah platform digital streaming musik (Foto: istimewa)

Kehadiran Rossa di sejumlah layanan musik streaming dengan beragam hits terbaiknya seperti Terlalu Cinta, Jangan Hilangkan Dia, Tegar, Aku bukan Untukmu, dan single barunya Masih, membuat Rossa sukses menorehkan prestasi yang mengagumkan di tahun 2020 ini.

Jutaan angka streaming dan view telah mengantarkan Rossa begitu populer di layanan musik streaming terkemuka seperti Spotify, Joox, Apple Music, Langit Musik, Deezer dan Resso.

Popularitas Rossa di Layanan musik streaming telah membuatnya melejut dengan sejumlah prestasi. Hal ini tentu berkat kerja keras dan cerdas Rossa bersama manajemen musiknya, Inspire Musik.

Rossa dalam catatan Spotify berhasil berada di 5 besar bersama Ariana Grande, Taylor Swift, Niki, dan Billie Eilish dengan predikat Indononesia's Most Streamed Female Artist selama tahun 2020.

Adapun total streaming Rossa di Spotify sebanyak 114,8 juta. Selain itu Rossa berada di No.1 sebagai The Most-Followed Indonesia Pop Female Artist dengan 1,9 juta followers di Spotify. Tak hanya itu, penyanyi yang akrab disapa Teh Ocha ini juga meraih posisi No.1 Top Indonesian Artist of 2020 by Spotify.

Sebanyak 1,6 juta followers di layanan streaming Joox juga membuat Rossa mendapat predikat No.1 The Most-Followed Indonesian Female Artist. Pencapaian itu menjadikan Rossa sebagai sosok Musisi Indonesia Pertama dengan prestasi tersebut.

Di tahun 2020 Rossa masih tetap produktif, salah satunya berkarya merilis lagu baru berjudul Masih yang ditulis Yovie Widianto dan Nino RAN pada 4 Maret 2020.

Lagu yang dirilis saat pandemi itu mulai menyebar dan mendapat respon bagus dengan menempati posisi lima besar The 100 Best Songs of 2020 di Apple Music, untuk Indonesian Artist All Genre.

Selain itu, Rossa selama tahun 2020 juga bertindak menjadi host untuk salah satu program di Langit Musik dan meraih prestasi membanggakan. yakni meraih prestasi No.1 The Most-Followed Indonesia Female Artis All Genre. Komposisi single Masih juga berada di puncak dengan lebih dari 3 juta streaming di Langit Musik.

Dengan suksesnya meraih sejumlah prestasi mengagumkan di tahun 2020 ini, Rossa mengaku sangat bersyukur masih bisa tetap survive di masa pandemi, bahkan bisa meraih pencapaian mengejutkan.

"Ini menjadi berkah dan hikmah luar biasa buat saya di tahun 2020 ini. saat pandemi masih bisa berkarya dan berbagi harmoni dengan penggemar rossa semua. Terimakasih sudah menjadikan saya bagian hidup kalian, sudah tertawa, menangis, merenung, melamun, mengenang dan melakukan hal lainnya dengan lagu-lagu saya," ucap Rossa saat Press Conference Catatan Musik Rossa 2020 via Zoom, Kamis (17/12).

Baca Juga:

Mengungkap Makna di Balik Single 'Bye' dari Sheryl Sheinafia

Rossa berterimakasih pada seluruh pihak yang sudah mensupportnya hingga bisa tetap berkarya dan berprestasi di tahun 2020 (Foto: istimewa)

Selain itu, Rossa juga tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk teman-teman musisi yang sudah menciptakan karya indah untuk dinyanyikan olehnya, hingga bisa menembus batas sampai di penggemar, dan mendapat prestasi di banyak layanan musik streaming.

Dalam menutup tahun 2020 sendiri, Rossa merilis musik video lagu Masih yang melibatkan aktor drama Korea ternama, Ki Do Hoon, yang merupakan artis dari SM Entertainment. Musik video itu hingga saat ini sudah berhasil menembus angka tiga juta view dalam tiga minggu.

Kolaborasi tersebut sekaligus membuat Rossa tercatat sebagai artis Indonesia pertama yang berkolaborasi dengan penyanyi dan aktor terkemuka Korea.

Melihat prestasi yang telah dibukukan oleh Rossa tersebut, tentu bukan sesuatu yang mudah dicapai. Dibutuhkan komitmen, disiplin, kerja keras dan agenda promosi yang baik dan tetap saran, yang melibatkan banyak ide segar.

Kehadiran Rossa di beragam acara dan program musik berkualitas pun menjadi salah satu langkah strategis dalam menyebarkan dan memberi efek lagu-lagu Rossa lewat layanan digital musik secara global.

Rossa sudah membuktikan bahwa dia bisa survive sebagai musisi di masa sulit pandemi ini, dengan memberi teladan di tahun 2020, bahwa pandemi bukan menjadi halangan untuk membuatnya terus berkarya, dan meraih sejumlah prestasi gemilang. (Ryn)

Baca Juga:

Lewat Lagu, Gabriel Mayo dan Dita Permatas Dukung Kampanye Antikekerasan Seksual

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Saling Bantu Penuhi Nutrisi Anak di Masa Pandemi
Hiburan & Gaya Hidup
Saling Bantu Penuhi Nutrisi Anak di Masa Pandemi

Bantuan nutrisi diberikan bagi 3.500 anak di Aceh, Meulaboh, Medan, Jakarta, Lembang, Semarang, Tabanan, dan Flores.

Virus Corona Buat Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda
Fun
Virus Corona Buat Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda

Pernyataan resmi tersebut disampaikan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) melalui situs resmi mereka

Bahas Politik, Meghan Markle Terancam Dicopot dari Gelar Duchess of Sussex
ShowBiz
BTS Kembali Rajai Billboard Global 200
ShowBiz
BTS Kembali Rajai Billboard Global 200

Dynamite kembali merajai puncak Billboard Global 200.

Facebook Matikan Aplikasi Lasso, Gagal Saingi TikTok?
Fun
Facebook Matikan Aplikasi Lasso, Gagal Saingi TikTok?

Lasso akan dimatikan pada 10 Juli 2020.

Google Play Music akan Ditutup September 2020, Ada Apa?
Fun
Google Play Music akan Ditutup September 2020, Ada Apa?

Google Play Music Akan Ditutup September 2020, Ada Apa?

Romantis dan Aman Rayakan Valentine di Tengah Pandemi
Fun
Romantis dan Aman Rayakan Valentine di Tengah Pandemi

Jarak dan situasi tidak akan menjadi halangan untuk menunjukkan perhatian dan rasa sayang.

Mick Schumacher Ngebut di F1 dengan Tim Haas
Fun
Mick Schumacher Ngebut di F1 dengan Tim Haas

Nama Schumacher bukan nama main-main di dunia balap mobil.