Roscosmos & NASA Bergabung Bikin Stasiun Ruang Angkasa NASA dan Roscosmos berkerjasama membuat stasiun angkasa luar. (Foto: russianspacenews)

HAL yang tak mungkin terjadi lebih dari dua dekade yang lalu adalah kerjasama antara Russia, dahulunya Uni Soviet, dengan Amerika Serikat. Perang Dingin yang terjadi memisahkan keduanya dari berbagai kerja sama, yang ada hanyalah kompetisi pada berbagai bidang.

Namun era baru membuat segalanya berubah, perang dingin sudah berlalu. Salah satu buktinya adalah kerja sama antara badan angkasa luar Russia, Roscosmos dengan NASA, badan milik Amerika Serikat.

Kerja sama yang mereka buat adalah membangun stasiun luar angkasa pertama di orbit dan permukaan Bulan. Agence France-Presse (AFP) menuliskan kedua badan angkasa luar itu juga menetapkan standar-standar eksplorasi angkasa luar.

Di sisi lain NASA memiliki kepentingan membuat ekpedisi mengirimkan manusia ke Mars di tahun 2030. Jika kerja sama ini terjadi maka akan menjadi pintu bagi ekspedisi itu.

Pergantian pemerintahan membuat NASA belum memastikan ekspedisi itu. Pemerintahan Obama menginginkan NASA membuat program penjelajahan ke Mars. Namun pemerintahan Trump, melihat NASA harus kembali ke bulan. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH