Ronny Sompie Dicopot, ICW Desak Jokowi Pecat Menteri Yasonna Peneliti ICW Kurnia Ramadhana desak Presiden Jokowi copot Menteri Yasonna (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Indonesia Corruption Watch (ICW) langsung merepon langkah Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly yang mencopot Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie. Pencopotan Ronny diduga terkait kesalahan sistem keimigrasian dalam kasus kepergian caleg PDIP, Harun Masiku.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Menteri Yasonna. Pasalnya, kata Kurnia, Yasonna merupakan pemegang otoritas tertinggi di Kemenkumham.

Baca Juga:

Pasca Pecat Ronny Sompie, Menkumham Lakukan Penyelidikan Internal

"Lebih baik Yasonna Laoly juga dicopot oleh Presiden Jokowi. Sebab, bagaimana pun dia merupakan otoritas tertinggi Kementerian Hukum dan HAM," kata Kurnia saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (28/1).

Menkumham Yasonna Laoly didesak untuk segera dicopot
Menkumham Yasonna Laoly di Istana Negara, Jakarta. (Humas/Rahmat/setkab.go.id)

Menurut Kurnia, Yasonna yang juga Ketua DPP PDIP Bidang Hukum dan Perundang-undangan itu turut menyampaikan informasi bohong mengenai keberadaan Harun.

"Faktanya dia telah berkata tidak sesuai dengan fakta terkait keberadaan Harun Masiku. Jadi harusnya Yasonna ikut bertanggungjawab atas situasi hari ini," ujarnya.

Kurnia menilai Yasonna telah kecolongan atas informasi keberadaan Harun. Harun diketahui, sudah berada di Indonesia sejak 7 Januari 2020. Namun, Informasi tersebut tidak ditindaklanjuti Yasonna sebagai pimpinan tertinggi di Menkumham.

Baca Juga:

Koalisi Masyarakat Sipil Laporkan Menteri Yasonna ke KPK

Sehingga, Imigrasi baru menyampaikan bahwa Harun memang sudah berada di indonesia, sehari sebelum operasi tangkap tangan (OTT) terhadap eks Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, pada Rabu (22/1).

"Efek dari kekeliruan data tersebut amat krusial, kerja penegak hukum jadi terganggu karena mempercayai begitu saja pernyataan Yasonna," tandas Kurnia Ramadhana.(Pon)

Baca Juga:

Menteri Yasonna Santai Dilaporkan Atas Dugaan Menghalangi Penyidikan

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH