Rombongan Teroris Terafiliasi ISIS Dibaiat di Gunung Sibayak Sumut Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Merahputih.com - Sebanyak 23 terduga teroris yang ditangkap pasca-bom bunuh diri di Polrestabes Medan sebagian di antaranya pernah melakukan latihan fisik di Gunung Sibayak, Sumut. Mereka juga berbaiat ke pimpinan ISIS Abu Ibrahim.

"Kelompok tersebut kemudian juga mengikuti baiat juga bersama kepada Abu Ibrahim Al Hasim Al Quraish, kemudian ikut latihan dan mimpin latihan di Gunung Sibayak," kata Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Jakarta, Senin (18/11).

Baca Juga:

Polisi Temukan Lubang Seperti Terowongan, Diduga Tempat Merakit Bom

Polisi sendiri sudah menetapkan 46 tersangka pasca aksi bom bunuh diri di Polrestabes Medan. Para tersangka ditangkap di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Hingga kini ada 46 orang yang ditangkap Densus 88 Antiteror menyusul peristiwa bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatera Utara.

"Ada 46 tersangka seluruhnya. Perlu saya sampaikan, ini memiliki keterkaitan dengan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), amirnya (pemimpin) adalah Saudara Y," imbuh anggota Humas Polri itu.

Petugas Kepolisian menyita sejumlah barang dari rumah pelaku bom bunuh diri RMN (24) di Mapolrestabes Medan. (Antara Sumut/Nur Aprilliana Br Sitorus)
Petugas Kepolisian menyita sejumlah barang dari rumah pelaku bom bunuh diri RMN (24) di Mapolrestabes Medan. (Antara Sumut/Nur Aprilliana Br Sitorus)

Dedi merinci, dari 46 orang tersebut, 23 orang merupakan jaringan Sumatera Utara-Aceh, dengan empat orang di antaranya menyerahkan diri.

"Empat orang menyerahkan diri, dua orang terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur karena saat penangkapan melawan dengan senjata tajam dan airsoftgun dan menyebabkan satu petugas Densus luka akibat sabetan senjata tajam," tutup jenderal polisi bintang satu itu.

Lebih Radikal, Istri Bomber Polrestabes Medan Diduga Rencanakan Aksi Teror di Bali

Kemudian di Banten ditangkap empat orang, Di Jakarta tiga orang, di Jawa Tengah sembilan orang, d Jawa Barat ada enam orang dan di Kalimantan Timur satu orang. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH