Rombongan Haji di Padang Dikabarkan Berangkat Berbondong-bondong ke Mekkah, Ini Kata Kemenag Ilustrasi - Jamaah menunaikan sholat Tarawih di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, di tengah merebaknya wabah COVID-19, Jumat (24/4/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh/pras.)

MerahPutih.com - Viral di media sosial informasi ada rombongan jemaah haji asal Padang, Sumatera Barat berangkat ke bandara untuk selanjutnya menuju tanah suci menunaikan haji.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H Hendri memastikan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Baca Juga:

2 Inovasi Ini Bikin Calhaj Bisa Daftar Haji dari Mana Saja

"Ini tidak benar. Melihat dari foto yang beredar di media sosial, sudah jelas itu hoaks. Sebab, itu foto tahun 2018 oleh Robbyrotanayulian. Coba amati foto itu baik-baik," tutur Hendri dalam keteranganya yang dikutip Senin (13/7).

Dari hasil penelusuran, foto itu pernah diunggah oleh akun Istagram Robbyrotanayulian pada 19 Agustus 2018. Unggahan itu disertai keterangan “Kita nikmati kebersamaan yg indah ini walau entah sampai kapan kita slalu bersama”.

Foto tersebut juga disertai watermark tahun 2018 dan pada bus tertera spanduk bertuliskan Rombongan Jamaah Haji Kabupaten Sijunjung.

"Jadi itu bukan foto jemaah tahun ini. Sebab, tahun 2020, Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji," tegas Hendri.

Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi, salah satu tempat pelaksanaan prosesi ibadah haji, lengang di tengah merebaknya wabah COVID-19, Jumat (24/4/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh/pras.)
Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi, salah satu tempat pelaksanaan prosesi ibadah haji, lengang di tengah merebaknya wabah COVID-19, Jumat (24/4/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh/pras.)

Kemenag telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M. Kanwil Kemenag Sumbar juga sudah mensosialisasikan kebijakan ini ke 19 Kankemenag Kabupaten/Kota sejak Juni 2020.

Karenanya, Hendri menegaskan bahwa tidak benar ada pemberangkatan jamaah haji asal Padang, Sumatera Barat pada Tahun 2020.

Informasi yang beredar di media sosial itu berita bohong belaka atau hoaks.

Baca Juga:

Jamaah Haji 2020: 70 Persen Asing, 30 Persen Warga Arab Saudi

Ia mengimbau masyarakat Sumatera Barat agar berhati-hati dan harus teliti mencermati setiap informasi yang diperoleh atau yang beredar di medsos.

"Pastikan kebenarannya sebelum dishare kepada orang lain, agar terhindar dari hoax yang akan meresahkan masyarakat," pesan Hendri

"Saring sebelum sharing agar kita semua terhindar dari menyebarkan berita tidak benar," tandasnya. (Knu)

Baca Juga:

3 Lembaga Penegak Hukum Diminta Awasi Dana Haji


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH