Roma, Kandidat Terkuat untuk Menangkan Best Picture Oscar 2019

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 21 Februari 2019
Roma, Kandidat Terkuat untuk Menangkan Best Picture Oscar 2019
Fakta menarik film Roma, kandidat terkuat di kategori Best Picture Oscar 2019 (foto: imdb.com)

ROMA, film hitam putih dari Netflix yang tadinya bukan apa-apa, sekarang jadi salah satu pesaing terkuat di ajang Oscar 2019. Apalagi sejak kemenangannya di British Academy Film Award 2019 sebagai film terbaik 10 Februari lalu.

Alfonso Cuaron membuktikan bahwa ia bisa menggarap film yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berikut ini fakta menarik tentang film Roma yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

1. Adegan terakhir di pantai

Roma, Kandidat Terkuat untuk Menangkan Best Picture Oscar 2019
Adegan ini terdiri dari berbagai sudut yang dijahit jadi satu (foto: imdb.com)


Mungkin kamu paling sering melihat adegan atau gambar yang satu ini. Di adegan terakhir, Cleo sedang berusaha menyelamatkan anak-anak yang tenggelam di laut kemudian akhirnya mereka berpelukan.

Ternyata adegan mengharukan itu bukan dibuat dalam satu kali pengambilan gambar, melainkan dari berbagai sudut yang berbeda dan kemudian dijahit menjadi satu.

Wah berarti orang yang menyutingnya hebat sekali ya, bisa membuat adegan tersebut terlihat sangat nyata dan mengalir.

2. Inspirasi Roma

Roma, Kandidat Terkuat untuk Menangkan Best Picture Oscar 2019
Karakter Cleo berdasarkan pengasuh Alfonso Cuaron bernama Libo (foto: imdb.com)


Film Roma ini diambil berdasarkan kisah nyata sutradaranya lo. Setiap detail dalam film, bahkan jatuhnya daun di dalam set dibuat semirip mungkin dengan masa kecil Cuaron.

Namun film ini bukan menceritakan tentang kehidupan sang sutradara, melainkan tentang sosok Cleo. Karakter Cleo diambil berdasarkan ingatannya tentang pengasuh Cuaron ketika kecil yang bernama Libo.

3. Debut Yalitza Aparicio

Roma, Kandidat Terkuat untuk Menangkan Best Picture Oscar 2019
Film ini jadi debut Yalitza Aparicio (foto: imdb.com)


Yalitza Aparicio yang memerankan tokoh Cleo ternyata bukan artis lo. Roma adalah film pertamanya. Tadinya ia ingin menjadi guru sampai tawaran audisi datang kepadanya.

Awalnya Aparicio tidak ingin datang karena takut audisi ini adalah kedok dari kejahatan human trafficking. Akhirnya saudaranya mengajak dia ke audisi dan ia mendapatkan peran tersebut.

Hal ini tidak menjadi sia-sia, buktinya sekarang dia bisa menjadi salah satu nominee dalam kategori Actress in A Leading Role Oscar 2019. Ia mendapatkan kesempatan yang sama dengan artis-artis ternama dunia seperti Olivia Colman, Melissa McCarthy, Glenn Close, dan Lady Gaga.

4. Marina de Tavira satu-satunya aktris Profesional di film Roma

Roma, Kandidat Terkuat untuk Menangkan Best Picture Oscar 2019
Marina De Tavira jadi satu-satunya aktris profesional (foto: imdb.com)


Marina de Tavira merupakan satu-satunya pemeran dalam film Roma yang memang berprofesi sebagai aktris, pemeran lainnya sebenarnya bukan aktor atau aktris profesional.

Menurutnya, menjadi pemain di Roma adalah tantangan tersendiri buatnya. Dia harus melupakan semua pelajarannya menjadi aktris yang sudah ia jalani selama berpuluh-puluh tahun.

Karena Cuaron ingin semua pemainnya bisa berkating secara normal dan tulus tanpa dibuat-buat. Tavira mengaku inspirasinya untuk memerankan tokoh Sofia berasal dari ingatan Cuaron tentang ibunya.

5. Tanpa Latihan dan naskah

Roma, Kandidat Terkuat untuk Menangkan Best Picture Oscar 2019
Syuting tanpa naskah dan latihan (foto: imdb.com)


Ada yang unik nih dari pembuatan film Roma. Katanya, Alfonso Cuaron sangat pemilih dalam cara ia melakukan syuting Roma.

Cara uniknya ini termasuk tidak melakukan latihan sebelum mengambil gambar dan tidak memberi naskah kepada para pemain.

Ketika pemain sudah terpilih semua, mereka tidak langsung diberikan naskah untuk dipelajari. Marina De Tavira dalam suatu wawancara menyebutkan bahwa sutradara Cuaron sangat misterius.

Para pemain film biasanya diberikan naskah dialog sehari sebelum syuting. Jadi mereka harus bisa melakukan improvisasi ketika sedang direkam. (sam)

#Oscar
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan