Musik

Rolling Stone Rilis 50 Lagu Terbaik 2020, BTS dan BLACKPINK Cetak Sejarah

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 09 Desember 2020
Rolling Stone Rilis 50 Lagu Terbaik 2020, BTS dan BLACKPINK Cetak Sejarah
Lagu BTS dan BLACKPINK masuk daftar 50 lagu terbaik versi Rolling Stone. (Foto: Big Hit Entertainment & YG Entertainment)

APA lagu terbaik di tahun 2020? Ketika melihat Spotify Wrapped setiap orang, jawabannya tentu sangat beragam. Semua pasti punya genre musik favorit masing-masing. Namun, majalah budaya populer asal Amerika, Rolling Stone telah merangkum 50 lagu terbaik tahun ini. Dua lagu dalam daftar itu merupakan lagu dari raja dan ratu K-Pop saat ini.

Di penghujung tahun, Rolling Stone telah merangkum 50 lagu terbaik yang rilis setahun belakangan. Meski 2020 bukan tahun terbaik akibat pandemi COVID-19, karya-karya tersebut sukses menghibur para penggemar di seluruh dunia. Mulai dari kebangkitan disko, hip-hop rock, country, lagu dari artis baru, tekstur vintage-rock, dream-pop, dan K-Pop. Dari 50 lagu, dua di antaranya merupakan milik BTS dan BLACKPINK.

BACA JUGA:

Menyanyikan Gangguan Mental, Cara Menyintas ala The Beatles

Kolaborasi manis BLACKPINK dan Selena Gomez sukses membuat lagu Ice Cream duduk di posisi ke-13. "Ratu grup perempuan Korea membuat kekuatan mereka bergerak di gelombang udara Amerika, dengan bantuan besar dari Selena Gomez dan rekan penulis Ariana Grande," kata Rolling Stone dalam deskripsinya. Lagu kedelapan dalam The Album itu memang cukup sukses merebut hati penggemar.

Seperti dilansir Variety, single bernuansa ceria itu telah mengumpulkan lebih dari 40 ribu putaran di radio sejak dirilis pada Agustus. Ice Cream debut pada urutan ke-13 di Billboard Hot 100 sehingga membuatnya jadi lagu pertama BLACKPINK yang masuk 20 besar. Tak hanya itu, lagu yang ditulis Ariana Grande, Tommy Brown, dan Victoria Money itu juga jadi lagu terlama grup perempuan Korea Selatan di tangga lagu Billboard Hot 100.

blackpink
Ice Cream hasil kolaborasi BLACKPINK dan Selena Gomez diputar lebih dari 40 ribu kali di radio Amerika. (Foto YG Entertainment)

Sementara itu, BTS berhasil berada di posisi ketujuh berkat lagu hit Dynamite. Menurut Rolling Stone, lagu itu membuat BTS mencetak tonggak sejarah baru bagi K-Pop. Alasannya, Dynamite berhasil memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100 dan menjadikan grup septet itu sebagai grup pertama Korea Selatan yang mendapatkan pencapaian itu. Selain itu, videoklipnya memecahkan rekor sebagai video yang paling banyak ditonton di YouTube dalam 24 jam pertama dengan 101,1 juta penonton.

Tiga hari sebelum mengumumkan daftar 50 lagu terbaik, Rolling Stone juga telah merekap 50 album terbaik di 2020. BTS jadi satu-satunya artis Korea yang masuk dalam daftar itu. Map of The Soul: 7 yang dirilis awal tahun berada di urutan ke-16.

BTS
Lagu Dynamite membuat tonggak sejarah baru bagi K-Pop. (Foto Big Hit Entertainment)

Rob Sheffield menyebut, meski sudah tujuh tahun di puncak dunia, BTS masih membuat semuanya terdengar seperti baru mulai bersinar. "Raja pop Korea Selatan tidak mempermudah bahasa gaya (atau bahasa) mereka untuk menaklukkan Amerika. Mereka hanya memenangi penggemarnya dengan cara mereka sendiri," ucap Sheffield dari Rolling Stone.

Sheffield menambahkan, Map of the Soul: 7 merupakan album paling kompleks dan personal dari BTS sejauh ini. Hal itu tergambar dalam lagu Interlude: Shadow yang merupakan curahan hati Suga terhadap popularitasnya. Namun, poin utama album ini terletak pada Moon, lagu cinta dari Jin untuk semua penggemar.

Selain Rolling Stone, Billboard juga telah memberitakan 50 album terbaik 2020 versi mereka. Baik BTS dan BLACKPINK masuk daftar tersebut. Map of the Soul: 7 mengambil posisi ke-33, sedangkan The Album yang merupakan album perdana BLACKPINK menyabet posisi ke-25.(Sam)

#K-Pop #BTS #BLACKPINK #Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan