Rokok Lebih Bikin Kecanduan Dibanding Ganja dan Sabu-Sabu

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 29 Mei 2018
Rokok Lebih Bikin Kecanduan Dibanding Ganja dan Sabu-Sabu
Ilustrasi (Pixabay)

Merahputih.com - Direktur Eksekutif Indonesia Neuroscience Institute Adhi Wibowo Nurhidayat mengatakan kecanduan rokok, sebagaimana bentuk kecanduan narkotika yang lain, merupakan salah satu gangguan jiwa.

"Nikotin yang dikandung rokok itu sama persis dengan narkoba lainnya. Tingkat kecanduannya nomor tiga setelah heroin dan kokain," kata Adhi saat diskusi 'Rokok dan Puasa, Murahnya Harga Rokok', senin (28/5).

Psikiater Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan itu mengatakan tingkat kecanduan nikotin lebih tinggi daripada sabu-sabu, ganja dan segala macam narkoba yang lain.

Menurut dia, narkoba terdiri atas dua jenis, yaitu yang legal dan ilegal. Meskipun legal, tetap saja disebut narkoba, termasuk rokok. "Masalahnya banyak masyarakat yang tidak tahu kalau rokok termasuk narkoba sehingga perilaku merokok dianggap normal," tuturnya dikutip Antara.

Karena memiliki tingkat kecanduan yang tinggi, Adhi mengatakan perlu niat yang tinggi bagi seorang pecandu rokok untuk berhenti merokok. "Puasa dapat menjadi momentum spiritual setiap pribadi untuk menghentikan ketergantungan terhadap rokok," katanya.

rokok
Ilustrasi. (Pixabay)

Untuk menekan tingkat ketergantungan dan tingkat beli khususnya perokok dibawah umur, Menurut Wakil Kepala Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah Universitas Indonesia, Abdillah Ahsan, harga rokok harus lebih mahal daripada uang saku anak sekolah setiap hari agar tidak terjangkau oleh anak-anak.

"Harga yang lebih mahal itu harus per batang, bukan per bungkus. Cukainya berapa, tinggal dipersentasekan saja," kata Abdillah.

Harga rokok masih sangat murah. Menurut survei Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan menunjukkan harga rokok Rp15.000 per bungkus untuk sigaret kretek mesin. Harga itu masih sangat terjangkau dengan uang saku anak-anak sekolah, apalagi di Indonesia rokok bisa dibeli per batang. (*)

#Rokok #Narkoba
Bagikan
Bagikan