Rokok Herbal Lebih Aman untuk Kesehatan? Ketahui Faktanya

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 24 November 2023
Rokok Herbal Lebih Aman untuk Kesehatan? Ketahui Faktanya
Rokok herbal benar-benar aman untuk kesehatan? Atau hanya klaim semata. (Foto: Unsplash/M Azharul Islam)

TREN konsumsi rokok herbal sebagai alternatif yang dianggap lebih aman, belakangan menjadi semakin marak sejalan dengan peningkatan kesadaran akan kesehatan. Meski demikian, penting bagi masyarakat untuk tetap berhati-hati dan menggali lebih dalam fakta seputar rokok herbal sebelum membuat keputusan.

Kebenaran di balik klaim-klaim kesehatan dan potensi risiko terkait penggunaan rokok herbal wjaib diungkap dengan jelas dan tuntas, mengingat dampaknya terhadap kesehatan masih menjadi perdebatan di kalangan ahli medis.

Seperti dikabarkan Alodokter, ada beberapa yang beranggapan bahwa rokok herbal lebih sehat dari rokok umumnya karena terdapat kandungan alami di dalamnya. Tak sampai disitu, rokok herbal juga diklaim dapat menghentikan kebiasaan merokok. Namun, benarkah demikian?

Baca juga:

WHO Larang Rokok Konvensional dan Elektrik di Sekolah

Rokok herbal tidak lebih sehat dibanding tembakau konvensional. (Foto: Pexels/Basil MK)

Berbeda dengan rokok konvensional, rokok herbal umumnya menggunakan tembakau yang dicampur dengan berbagai tumbuhan dan rempah. Seperti, daun cengkeh, bunga mawar, ginseng, bunga melati yang diproses hingga menjadi komposisi rokok.

Karena mengandung beberapa bahan organik, rokok herbal dianggap lebih sehat dari rokok umumnya. Alasan rokok herbal sering dianggap aman, karena rokok ini tidak mengandung nikotin yang membuat penggunanya menjadi candu. Namun, faktanya memang tidak membuat menjadi candi, tetapi rokok herbal bukan berarti lebih sehat dari rokok konvensional.

Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada pada rokok herbal mengandung zat berbahaya, lalu asap yang mengandung karbon monoksida juga memberikan dampak buruk ke pernapasan para perokok dan orang di sekitar yang merokok. Selain itu, rokok herbal juga tetap mengandung zat karsinogenik, atau zat yang merangsang sel kanker dalam jaringan tubuh.

Baca juga:

Kapan Efek Buruk Merokok akan Terasa Bagi Kesehatan Tubuh

Rokok herbal bukan solusi untuk berhenti merokok. (Foto: Pexels/cottonbro studio)

Bagi kamu yang menggunakan rokok herbal dengan dalih lebih sehat, tentu salah. Namun, jika kamu menggunakan rokok herbal untuk berhenti juga tidak tepat.

Bila kamu ingin berhenti merokok, ada beberapa cara yang tergolong efektif untuk kamu lakukan. Seperti, olahraga yang rutin, mengonsumsi makanan yang sehat, serta hindari minuman alkohol, kafein, dan soda.

Meninggalkan kebiasaan merokok bukan suatu hal yang mudah. Namun, mengganti jenis rokok dengan embel-embel herbal ternyata juga bukan solusi terbaik. (zvw)

Baca juga:

Perempuan Sebaiknya Tidak Merokok, Dampaknya Berat

#Rokok #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan