Film

'Rock' Karya Favorit pada British Independent Film Awards

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 23 Februari 2021
'Rock' Karya Favorit pada British Independent Film Awards
Film 'Rocks' yang berkisahtentang persahabatan di lingkungan sulit , (Foto: bbc.com)

FILM karya sutradara Sarah Gavron berjudul Rocks mencuri perhatian publik Inggris. Film itu berhasil meraih lima penghargaan dalam ajang British Independent Film Awards. Salah satu pemainnya, Kosar Ali, mendapatkan kredit sebagai Aktris Terbaik dan Pendatang Terbaru Terfavorit.

Bukan hal yang mudah bagi Gavron untuk mencari pemain dalam filmnya itu. Gavron dan direktur casting Lucy Pardee harus mengaudisi sekitar 1.300 siswa yang kebanyakan tidak memiliki pengalaman akting. Para pemain itu diharapkan dapat melakukan melakukan improvisasi di dialog film.

Baca juga:

Cameron Diaz Tidak Bisa Membayangkan Dirinya Main Film Lagi

film
Kosar Ali (kiri) dan Bukky Bakray (kanan) berperan tanpa pengalaman akting. (Foto: bbc.com)

Film Rocks menceritakan beberapa remaja perempuan yang mengalami masalah di daerah tertinggal namun tetap kuat menghadapinya karena memiliki lingkungan pertemanan yang baik. Produser film, Ameenah Ayub Allen mengatakan Rocks adalah representasi wanita muda yang kuat dan tangguh.

“Kami membuat film ini yang benar-benar berjiwa mandiri. Metodologi yang benar-benar independen. Saat kami syuting, kami selalu berpikir bahwa film itu dijiwai dengan semangat seorang gadis remaja yang memiliki pandangan jauh ke depan. Ini jadi semangat seorang gadis remaja telah memenangkan film terbaik, dengan cara film yang sama sekali berbeda, membuat dengan semua wanita luar biasa," papar Ameenah mengutip laman BBC.

Film Rocks telah tayang di Inggris pada tahun lalu dan kembali dapat ditonton melalui aplikasi streaming film online yaitu Netflix.

"Saya lebih memahami diri saya sebagai pribadi dan juga sebagai aktor. “Sebelum seluruh pengalaman ini saya tidak pernah berpikir saya akan menjadi diri saya hari ini, memenangkan penghargaan dan bahkan mengejar karir akting ini", ujar Ali yang berperan sebagai Samaya.

Baca Juga:

Diprediksi Bersinar, 3 Aktor Korea Paling Dinanti di 2021

film
British Independent Film Awards berikan nominasi untuk 'Rocks' dan 'His House'. (Foto: The Bigger Picture)

Pemenang lainnya dalam film itu yaitu D'Angelou Osei Kissiedu yang diberi penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik. Kissiedu berhasil mengungguli aktor senior Sir Anthony Hopkins yang memerankan pria demensia dalam film The Father.

Selain itu, penghargaan lainnya diberikan pada Remi Weekes sebagai Sutradara Terbaik dan Wunmi Mosaku yang memenangkan aktris terbaik dalam film His House. Film itu dirilis 30 Oktober 2020 sukses raih jumlah metascore mencapai 72 skor. Skor tersebut dicatat dari situs web resmi Metacritic. Kerja keras Remi Weekes itu juga mendapatkan penghargaan desain dan efek produksi terbaik.

Dalam ajang tersebut memperlihatkan konsentrasi isu mengenai rasialisme kulit hitam yang masih melekat. Hal
tersebut ditunjukkan dari rincian orang-orang kulit hitam sebagai pemeran dan kru dibalik layar. Tak hanya itu, mengenai isu emansipasi wanita kerap ditunjukkan via garapan film oleh sutradara wanita. Dengan demikian British Independent Film Awards turut memberikan pemahaman positif itu kepada para penggemar film. (ard-jod)

Baca Juga:

‘The Falcon and the Winter Soldier’ Tayang 19 Maret di Disney Plus

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan