Rock Balancing, Alternatif Kegiatan Ngabuburit Asyik 'Anti-Mainstream' Rock Balancing, Cara Ngabuburit Anti-mainstream (Foto: WideWallsCh)

RASA lapar dan dahaga bakal menghantuimu pada jam-jam sebelum buka puasa, apalagi jika kamu sedang berada di tempat jauh seperti daerah pegunungan. Selain sinyal yang mungkin akan hilang, kamu tidak bisa banyak berkomunikasi karena sedikit orang yang ditemui, kamu juga akan jauh dari barang-barang elektronik, tentunya itu akan membuatmu bosan jika tidak ada kegiatan lain yang kamu lakukan.

Namun jika kamu menemukan sungai di sekitarmu, mungkin kamu bisa mencoba alternatif ngabuburit yang anti-mainstream, rock balancing.

1. Rock Balancing

Rock Balancing, Alternatif Kegiatan Ngabuburit Asyik Sambil Menunggu Buka Puasa
Rock Balancing, Ngabuburit Asik Ketika Traveling Jauh (Foto: YouTube/GravityGlue)

Terkesan aneh tapi asik, inilah cara ngabuburit yang sangat unik. Rock balancing adalah seni menyeimbangkan batu agar tidak jatuh, tetapi ada lagi nih teknik yang lebih susah daripada ini.

Kegiatan rock stacking ini mirip dengan rock balancing tetapi batu yang diseimbangkan akan ditumpuk dengan batu lain dan kamu harus menyeimbangkan masing-masing batu tersebut.

Tujuan untuk menyusun batu ini bukan karena alasan estetika, tetapi untukmu berkonsentrasi dan melawan gravitasi. Seperti bermain Jenga atau Uno Stacko, tetapi kamu hanya menggunakan batu-batu yang tidak simetris.

2. Fenomena Rock Stacking di Sukabumi

Rock Balancing, Alternatif Kegiatan Ngabuburit Asyik Sambil Menunggu Buka Puasa
Fenomena Batu Susun di Sukabumi ini Difoto Oleh Gravity Glue (Foto: Facebook GravityGlue)

Walau hal ini terkesan unik jika kamu melakukannya pada waktu ngabuburitmu, tetapi ada lho di Sukabumi! Bahkan lucunya, banyak rakyat yang terkaget sampai menganggap bahwa ini adalah isu mistis ketika banyak tumpukkan batu yang ada di sungai Cidahu. Fenomena ini kerap dilestarikan menjadi suatu foto yang diambil oleh salah satu fotografer profesional Gravity Glue.

3. Tradisi ini Juga ada di Jepang Lho!

Rock Balancing, Alternatif Kegiatan Ngabuburit Asyik Sambil Menunggu Buka Puasa
Suiseki atau menyusun batu sudah jadi tradisi di Jepang (Foto: YouTube/ROCKSPORTRAIT)

Tidak hanya di Indonesia, bahkan di Jepang kegiatan ini sudah menjadi tradisi lho! Suiseki adalah seni menyusun batu dari Jepang yang dilakukan di sekitaran sungai.

Walau banyak juga versi-versi negara lain seperti di Korea dan Taiwan, tetapi tradisi ini banyak dilakukan di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Kira-kira kamu ingin mencobanya tidak? Seru lho berkonsentrasi untuk mengabaikan rasa laparmu, apalagi bersama teman-teman travelingmu. (dnz)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH