Toserba Jepang akan Pekerjakan Pramuniaga Robot

Leonard Leonard - Jumat, 18 September 2020
Toserba Jepang akan Pekerjakan Pramuniaga Robot
Bagian kepalanya mirip kepala kucing. (Foto: aneddoticamagazine)

TOKO swalayan Jepang menghadapi kenyataan yang bikin pusing. Mereka kekurangan tenaga kerja. Sebagai bentuk usaha untuk mempermudah toko-toko ini menyusun rak mereka, perusahaan robotika Jepang Telexistence (TX) telah mengembangkan robot Model-T yang dikendalikan dari jarak jauh.

Robot humanoid yang memiliki bagian kepala seperti kepala kucing mampu dikontrol melalui headset realitas virtual menggunakan "Augmented Workforce Platform" (AWP) perusahaan.

Baca juga:

Angkatan Udara AS Latihan Perang dengan Robot Anjing

Dalam video uji coba, seorang pria sedang mengontrol Model-T di toko FamilyMart di Daerah Toshima Tokyo dari kantor Telexistence, yang berjarak sekitar delapan kilometer jauhnya di Minato Ward.

"Dengan Model-T dan AWP, FamilyMart dan TX bertujuan untuk mewujudkan operasi toko yang benar-benar baru dengan melakukan remote-izing dan mengotomatiskan pekerjaan penyetokan ulang barang dagangan, yang membutuhkan banyak jam kerja," jelas Telexistence dalam siaran pers.

Walaupun robot otomatis akan terlihat seperti pilihan yang nyata di saat menghadapi kekurangan tenaga kerja, Model-T akan memungkinkan toko untuk beroperasi dengan lebih sedikit pekerja. Memungkinkan mereka untuk merekrut karyawan terlepas dari lokasi fisik toko, menurut rilis.

Memilih fitur Model-T yang hampir mirip seperti kartun kucing tidak diragukan lagi untuk memberikan tampilan yang bersahabat. Juga sambil menonjolkan kualitas yang gesit pada kemampuan yang dimilikinya. Walaupun video uji coba menunjukkan robot itu mungkin bukanlah kucing tercepat di kota, namun perlu dicatat bahwa robot tersebut belum digunakan dan akan terus dikembangkan dan ditingkatkan.

Baca juga:

Robot Otonom Ini Siap Pungut Sampah Plastik di Dasar Laut

2
Target ke depan untuk menangani barang yang lebih murit. (Foto: dailysabah)

Pertama-tama, dilansir laman Interesting Engineering, Model-T akan menangani objek seperti botol dan wadah plastik. Namun, Telexistence memiliki target agar robot mampu menangani barang-barang yang lebih rumit seperti bola nasi, sandwich, dan kotak bento di masa mendatang.

Selain sebagai cara yang nyaman untuk mengurangi kontak manusia di dunia pasca-COVID-19, Telexistence juga menyarankan bahwa staf FamilyMart mungkin dapat dikirim dari jarak jauh ke toko mana pun yang paling membutuhkan pekerja pada waktu tertentu.

Telexistence memiliki kesepakatan dengan toko serba ada Jepang FamilyMart. Perusahaan robotika bertujuan untuk menyebarkan Model-T di hingga 20 toko pada tahun 2022. (lgi)

Baca juga:

Ketika Algoritme AI mengalahkan Pilot Pesawat Tempur

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan