Roberto Mancini Ulangi Rekor Terburuk Italia Seabad Lalu Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini. Foto: Zimbio

MerahPutih.com - Timnas Italia mencatatkan rekor lima kali gagal beruntun dalam laga resmi setelah berbagi skor 1-1 saat melawan Ukraina dalam uji coba di Stadion Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Kamis (11/10) WIB.

Hasil ini merupakan rentetan hasil terburuk yang pernah dicatat Italia nyaris dalam satu abad. Hasil lima laga beruntun tanpa kemenangan ini mengulangi rekor buruk Italia pada 93 tahun silam.

Ya, catatan serupa pernah dibuat Italia pada periode Maret 1923 hingga Januari 1925. Kala itu Italia mengalami dua kekalahan dan meraih tiga hasil imbang dalam lima pertandingan di kandang.

Selain gagal menang dalam lima pertandingan beruntun, Azzurri juga menuliskan catatan minor lainnya, yaitu selalu bermain imbang dalam lima laga di kandang terakhir.

Terakhir kali Italia meraih kemenangan di kandang pada 5 September 2017 saat menjamu Israel dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018. Saat itu Italia menang tipis 1-0.

italia
Timnas Italia (Zimbio)

Dalam laga melawan Ukrania, Italia lebih dulu unggul berkat tendangan keras winger Juventus, Federico Bernardeschi, pada menit ke-55.

Namun tim tamu mampu membalas pada menit ke-62 melalui tendangan voli Ruslan Malinovskiy yang tak mampu dihalau kiper Gianluigi Donnarumma.

Pasukan Roberto Mancini wajib harus melupakan catatan buruk ini dan fokus pada laga berikutnya. Pasalnya Italia akan menghadapi tuan rumah Polandia di ajang UEFA Nations League yang digelar Senin (15/10) WIB agar tidak melewati rekor terburuk penampilan mereka 93 tahun silam itu. (*/BolaSkor.com)



Wisnu Cipto