ICE 2021

Robby Firlian Optimis Kembali Meraih Gelar Juara ILAC

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 24 Maret 2021
Robby Firlian Optimis Kembali Meraih Gelar Juara ILAC
Robby Firlian optimis kembali meraih gelar juara ILAC. (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

JUARA Indonesia Latte Art Championship (ILAC) 2018, Robby Firlian, kembali mengikuti ILAC tahun ini di Indonesia Coffee Events (ICE) 2021. Meski sudah pernah juara, hasrat Robby untuk terus belajar dan meraih pengalaman tak pernah kendur.

"Karena rasa penasaran, dan pengen improve lagi dalam berkompetisi, jadi saya baca-baca dan memahami rules and regulation terbaru, sama untuk mengasah skill sih," tutur Robby kepada merahputih.com, Selasa (23/3).

Baca juga:

Darren Defretes, Bartender 'Murni' di ICiGSC

Meski ILAC di ICE 2020 sempat tertunda karena pandemi, Robby mengaku senang akhirnya dapat memulai kompetisi melukis di atas kopi ini. Selain itu, ia juga mengapresiasi pihak penyelenggara ICE 2021 yang sangat kompeten mengadakan kompetisi kopi di tengah pandemi.

Robby mengapresiasi pihak ICE 2021 yang berhasil menyelenggarakan event di tengah pandemi. (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

"Di masa pandemi ini mereka meng-organize acaranya bagus banget, disesuaikan banget dengan protokol kesehatan, menurut gua ini keren banget," tambahnya.

Tentu saja, untuk kembali menyabet gelar juara ILAC Robby memiliki persiapan khusus. Ia mengasah skill latte art dua bulan sebelum ICE 2021 dimulai. "Sebenernya hampir setiap hari, kaya saya sering latihan, dan sempetin buat bikin-bikin latte art, cuma ga se-intens dua bulan belakangan ini," papar Robby.

Setiap harinya, Robby berlatih setidaknya 4-5 jam selama dua bulan terakhir ini. Robby bisa menghabiskan satu karton susu atau 12 liter dalam sehari berlatih.

Baca juga:

Intip Keseruan Babak Spirit Bar di ICiGSC

Latihan yang ia lakukan ialah teknikal, dari mulai cara steaming susu, cara menuang, dan cara membuat gambar yang lebih kreatif lagi.

Pada ILAC tahun ini Robby sudah menyiapkan empat pattern. (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Untuk event ILAC tahun ini, Robby telah menyiapkan empat pattern. Pada babak preliminary Robby baru menampilkan dua pattern, yakni penguin untuk teknik free pour, dan gorila untuk teknik designer.

Meski sudah menyandang status gelar juara ILAC 2018, Robby mengaku masih sering deg-degan atau nervous. Namun hal itu masih bisa diatasi oleh Robby. "Tipsnya harus cuek, cuek sama sekeliling termasuk para juri, fokus aja sama yang kita kerjain," kata Robby.

Menurut Robby, semua peserta ILAC tahun ini punya skill yang hebat dan semuanya adalah kompetitor terberatnya. Kendati demikian, Robby mengaku yakin bisa memenangkan ILAC tahun ini. "Yakin sih bakal juara lagi," jelas Robby Firlian.

Bila nanti Robby terpilih menjadi juara, Robby mengaku akan berlatih lebih giat lagi, membuat pattern-pattern baru dan pastinya akan membawa nama Indonesia lebih bagus lagi di tingkat dunia.

Rangkaian kompetisi ICE 2021 dan penampilan Robby dapat disaksikan secara live streaming di YouTube Channel merahputih.com. (ryn)

Baca juga:

Sony Eko Prasetyo Sajikan Kopi Alkohol Pahit dan Manis, Seperti Kisah Cinta

#Kompetisi Kopi #Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan