Roaster di ICRC 2022 Temukan 'Rasa' Baru dari Biji Kopi Persembahan IIT Coffee Para roaster di ICRC temukan rasa baru dari kopi persembahan IIT Coffee. (foto: MP/Dicke Prasetya)

BIJI kopi yang digunakan pada kompetisi Indonesia Coffee Roasting Championship 2022 telah melalui pemilihan dan seleksi yang ketat demi mendapatkan kualitas terbaik untuk di-roasting oleh ke-12 peserta.

Keempat biji kopi yang digunakan pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) ini disuplai PT Indonesia International Trading (IIT Coffee). Biji-biji kopi itu telah melalui seleksi ketat yang bertahap. Direktur IIT Coffee Johan Soetanto mengatakan kepada Merahputih.com bahwa dibutuhkan proses yang lama untuk bisa menemukan biji kopi yang tepat untuk kompetisi bergengsi ini.

BACA JUGA:

Indonesia Coffee Roasting Championship 2022 Jadi Kompetisi Roasting Resmi Pertama di Indonesia

"Bean selection ini agak panjang prosesnya. Kami mengulik bersama, enggak semata-mata harus kita yang putusin atau sebelah pihak. Kami juga ada diskusi dengan pihak panitia, baiknya buat soal seperti apa (untuk roaster),” ujarnya. Ia mengungkap bahaw panitia mengajukan suatu permintaan untuk setiap proses. Untuk itu, mereka mencoba sebisa mungkin memenuhi meski dengan keterbatasan jadwal panen. “Kami sempat mundur dan kebutuhan volume juga. Beruntung bisa kami penuhi," ungkap Johan.

ICRC
IIT Coffee persembahkan biji kopi pilihan. (foto: MP/Dicke Prasetya)

Johan melanjutkan, panitia juga melakukan seleksi yang lumayan ketat ya dari segi spec, moisture. Pihaknya mengajukan beberapa kali sampel biji kopi untuk di-cupping. Beberapa sampel ditolak, beberapa sampel diterima.

Untungnya, Johan bisa memberikan biji kopi pengganti yang ternyata jauh lebih bagus daripada yang diberikan sebelumnya. Uniknya, para roaster di kompetisi ini malah menemukan 'rasa' baru dari biji-biji kopi berkualitas tersebut. Beberapa flavor yang sebelumnya belum diketahui baru ditemukan setelah di-roasting para peserta. Tentunya itu disebabkan roasting plan yang unik.

roasting
Roasting plan yang tepat hasilkan rasa baru. (foto: MP/Dicke Prasetya)

Beberapa flavor yang dimaksud antara lain cokelat, spicy, ginger, dan sweet vanilla.

"Pada dasarnya saya setuju garis besarnya sih memang mirip-mirip (flavor-nya), kayak cokelat gitu," ungkap Johan. Namun, menurut Johan, ia belum menemukan flavor yang lebih spesifik seperti vanilla atau ginger. “Justru kami masih belajar juga dari para roaster yang ada ini karena kami mungkin nguliknya tidak sedalam mereka,” jelasnya.

ICRC
Produsen biji kopi mendapat pengetahuan baru dari para roaster.(MP/Dicke Prasetya)

Temuan baru itu sudah pasti menjadi kejutan yang baik bagi para produsen dan penyelenggara acara. "Dengan adanya kompetitor yang mengulik, kami jadi belajar hal baru juga. Dari sini bisa sharing informasi dan mungkin di masa depan jadi feedback ke produser juga tentang apa yang boleh ditonjolkan dan apa yang boleh ditingkatkan," tutupnya.

Pemenang ICRC 2022 akan diumumkan Jumat (21/1). Kamu bisa menyaksikan acara ini secara live di kanal Youtube Merahputih.com.(shn)

Penulis : annehs annehs
Tag
  • LAINNYA DARI MERAH PUTIH
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Plus Minus Infus Vitamin C
Fun
Plus Minus Infus Vitamin C

Perlu diketahui, infus vitamin C adalah prosedur injeksi sesuai dosis

Misterius, Artis SM Entertainment Terima Undangan ala 'Squid Game'
ShowBiz
Dampak Emosional dari Jerawat Dewasa
Fun
Dampak Emosional dari Jerawat Dewasa

Dalam beberapa kasus, masalah dengan jerawat yang dimulai pada masa remaja bertahan melewati masa remaja mereka, tetapi ...

3 Cara Membuat Tubuh Lebih Banyak Bergerak dalam Kesehariaan
Fun
3 Cara Membuat Tubuh Lebih Banyak Bergerak dalam Kesehariaan

Jangan malas dan ayo bergerak lebih banyak

Rekomendasi Street Food di Daehakro
Kuliner
Rekomendasi Street Food di Daehakro

Street food korea yang lezat dan murah

Cara Hilangkan Bau Rokok Biar Lingkungan Makin Nyaman
Fun
Cara Hilangkan Bau Rokok Biar Lingkungan Makin Nyaman

Bau rokok pada pakaian atau mulut memang mengganggu.

BTS Berpidato di UN General Assembly ke-76
ShowBiz
BTS Berpidato di UN General Assembly ke-76

Pidato BTS di acara PBB itu sangat menginspirasi.

Disney Fantasy Kembali Beroperasi
Fun
Disney Fantasy Kembali Beroperasi

Disney Fantasy menjadi kapal Disney Cruise Line kedua yang melanjutkan layanan di Amerika Utara, setelah berlayar pada hari Sabtu (11/9).

Google Luncurkan Aplikasi Bantu Operasional Pilot Drone
Fun
Kerja Kantoran Bukan untuk Kamu yang..
Fun
Kerja Kantoran Bukan untuk Kamu yang..

Sebagian orang justru tidak cocok dengan pola kerja kantoran seperti ini. Begini ciri-cirinya!