Roadshow SWC Hubungkan Startup Indonesia ke Jejaring Global

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 29 Juli 2017
Roadshow SWC Hubungkan Startup Indonesia ke Jejaring Global
Pengumuman pemenang pada Startup World Cup (SWC) Surabaya, Jumat (28/7). (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com – Roadshow Startup World Cup (SWC) Surabaya adalah kegiatan ketiga yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Fenox Venture Capital (VC) untuk pengusaha rintisan (startup) Indonesia. Roadshow SWC ini bertujuan menjaring startup lokal untuk berjejaring di kancah global dengan menghadiri konferensi SWC di Silicon Valley 2018.

Pada SWC 2018 yang diselenggarakan oleh Fenox VC di Silicon Valley ini, startup Indonesia berpeluang bertemu dan menjalin network dengan lebih dari 200 investor global, 300 eksekutif perusahaan besar, dan 500 startup global.

Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo menerima proposal kerja sama Fenox VC untuk menyelenggarakan SWC regional di Indonesia yang menjaring startup dari Asia Tenggara untuk berkompetisi pada Grand Final SWC di Silicon Valley dengan syarat menggelar roadshow di kota lain di Indonesia untuk memberikan kesempatan yang sama dengan startup ibu kota. Tahun ini roadshow dilaksanakan di delapan kota di Indonesia.

“Pemenang dari delapan kota Roadshow SWC ini berkesempatan berkompetisi pada SWC Wild Card Round Final yang digelar di Jakarta September mendatang. Pada SWC tahun 2017 (SWC sebelumnya) tiga pemenang diberangkatkan ke konferensi SWC di Silicon Valley 2018,” ujar Direktur Akses Non Perbankan Bekraf Sugeng Santoso yang menjadi juri dan narasumber talkshow pada rangkaian acara Roadshow SWC kali ini.

Roadshow SWC terdiri dari tiga program, yaitu mentoring, talkshow, dan kompetisi pitching. Tahun ini, Bekraf dan Fenox VC menghadirkan program mentoring untuk membekali para startup siap berkompetisi pitching. Tujuh startup yang berkompetisi pitching di Surabaya yaitu Lanius Studio, Lookplicate, Nanas Media, Prospex, Q-doc, Tavest, dan Transpro.

SEA Regional Manager Fenox VC Retno Dewati menjelaskan, kerja sama Bekraf dan Fenox VC dilatarbelakangi misi yang sama pada ekosistem startup di Indonesia. Fenox sendiri telah memulai investasi di Indonesia sejak tahun 2013 dan ini merupakan mandat bagi kami untuk ikut andil dalam pemberdayaan startup di Indonesia.

"Kami juga melihat Bekraf sangat aktif di dunia startup, mulai dari program mempertemukan startup dengan investor, program pelatihan, maupun melalui kebijakan yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan startup Indonesia,” tandas Retno.

Salah satu startup Indonesia yang telah merasakan manfaat SWC yaitu Founder & CEO Ojesy Evilita Andriani. Ojesy adalah ojek online khusus wanita, baik driver maupun pelanggannya. Startup ini menyelesaikan masalah wanita yang rawan menjadi korban pada penggunaan angkutan umum.

“SWC membuka pemikiran dan mindset kita,” ucap Evi yang memenangkan Roadshow SWC Surabaya tahun lalu.

Evi mengakui ia terlebih dulu mengikuti program Bekraf for Pre Startup (BEKUP) yang diselenggarakan oleh Deputi Infrastruktur Bekraf sebelum memenangkan Roadshow SWC Surabaya 2016, hingga akhirnya memenangkan SWC Wild Card Round Final Jakarta 2016. Pengetahuan Evi terkait startup bertambah melalui mentor Bekup.

“Jalin hubungan baik dengan mentor, dapet advice, dapat link-link kegiatan Bekraf termasuk SWC,” ungkap Evi. (Pon)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: CEO IDaff Berbagi Tips Untuk Pengusaha Startup

#Startup #Badan Ekonomi Kreatif
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan