Road to Final Liga Champions 2022/2023: Inter Milan

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 10 Juni 2023
Road to Final Liga Champions 2022/2023: Inter Milan
Selebrasi Lautaro Martinez setelah mencetak gol untuk Inter Milan dalam pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions lawan AC Milan di Giuseppe Meazza pada 17 Mei 2023. ANTARA/AFP/Marco BERTORELLO

MerahPutih.com - Inter Milan meladeni Manchester City pada laga final Liga Champions 2022/2023 di Ataturk Stadium, Turkiye, Minggu (11/6) dini hari WIB.

Inter bukanlah tim yang diunggulkan di Liga Champions musim ini. Sebab, I Nerazzurri berada di Grup C bersama Bayern Munich, Barcelona dan Viktoria Plzen.

Baca Juga

Jelang Final Liga Champions: Tiga Faktor Kunci di Duel Manchester City Vs Inter Milan

Lautaro Martinez dan kawan-kawan diprediksi gagal lolos dari penyisihan grup. Namun, Inter mampu menjawabnya dengan penampilan gemilang.

Menarik untuk melihat perjalanan Inter mencapai laga final. Apalagi, skuad asuhan Simone Inzaghi itu menghadapi sejumlah juara kompetisi domestik.

1. Fase Grup

Inter tergabung dalam grup neraka. Bersaing di Grup C, Il Biscione saling sikut dengan Bayern Munchen, Barcelona, dan Viktoria Plzen.

Pada matchday 1, Inter sudah menelan kekalahan. Menjamu Bayern Munchen, Inter tumbang dengan skor 0-2.

Inter tidak lantas mengibarkan bendera putih. Pada dua laga berikutnya menghadapi Viktoria Plzen (tandang) dan Barcelona (kandang), Inter membawa pulang enam poin.

Inter menekuk Plzen 0-2 dan membungkam Barcelona 1-0. Gol semata wayang Inter dicetak Hakan Calhanoglu pada menit ke-45+1.

Pada laga keempat, Inter bertandang ke markas Barcelona. Hebatnya, Inter menahan Barca 3-3. Padahal, ketika itu Barcelona sangat bersemangat karena membutuhkan kemenangan untuk memperbesar asa lolos.

Pada duel penentuan, Inter menjamu Viktoria Plzen di Giuseppe Meazza. Hasilnya, Inter menunjukkan kelasnya dengan unggul empat gol tanpa balas.

Pada laga pemungkas babak grup, Inter menghadapi Bayern Munchen di Allianz Stadium. Pada laga yang sudah tidak menentukan itu Inter kalah 2-0.

2. 16 Besar

Pada babak 16 besar, Inter menantang FC Porto. Karena berstatus runner-up pada babak grup, Inter menjadi tuan rumah pada leg pertama.

Bermain di Giuseppe Meazza, Inter sempat kesulitan mendulang gol. Kemudian, Romelu Lukaku menjadi pemecah kebuntuan dengan golnya pada menit ke-86. Tembakan Big Rom menyambut bola liar hasil sundulannya yang terkena tiang merobek jala gawang Porto.

Membawa modal 1-0 dari leg pertama, Inter bermain disiplin di kandang Porto. Meski menerima 21 tembakan, tetapi tidak ada yang menjadi gol di gawang Inter. Walhasil, Inter melangkah ke babak berikutnya usai unggul agregat 1-0.

3. Perempat Final

Pada perempat final, Inter kebagian undian melawan Benfica. Sebelumnya, Benfica dianggap menjadi satu di antara kuda hitam usai menahan PSG dan menekuk Juventus pada babak grup.

La Benemata bertindak sebagai tim tamu pada leg pertama. Inter mengincar untuk tidak kalah agar leg kedua lebih mudah.

Hebatnya, Inter justru meraih kemenangan 2-0. Gol Nicolo Barella dan Romelu Lukaku membawa Inter meraih hasil positif.

Pertandingan menarik tersaji pada leg kedua. Inter dan Benfica bermain dengan skor 3-3. Inter hampir menang dengan kedudukan 3-2 sebelum Petar Musa mendulang gol pada masa injury time.

4. Semifinal

Inter menghadapi laga Derby della Madonnina di empat besar. AC Milan menjadi lawan setelah sebelumnya menyisihkan Napoli.

Dalam dua pertandingan yang dihelat di stadion yang sama itu, Inter menunjukkan kualitas lebih baik dari sang kakak. Inter meraih kemenangan pada dua laga.

Pertama, skuad asuhan Simone Inzaghi tersebut unggul 0-2 ketika Milan menjadi tuan rumah. Gol Edin Dzeko dan Henrikh Mkhitaryan pada babak pertama membuat suporter Milan pulang dalam keadaan tertunduk.

Pada leg kedua, Milan yang masih optimistis bisa melangkah ke final justru kembali menelan kekalahan. Kali ini, Lautaro Martinez yang menjadi pencetak gol. Inter pun menang agregat tiga gol tanpa balas. (*/Bolaskor)

Baca Juga

Final Liga Champions: Punya Identitas Bermain, Inter Milan Bisa Sakiti Manchester City

#Liga Champions #Final Liga Champions #Inter Milan #Manchester City
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan