RM BTS Sumbang Rp1,2 Miliar untuk National Museum of Modern and Contemporary Art RM BTS mendonasikan uang ke museum seni nasional untuk merayakan ulang tahunnya. (Foto: allkpop)

BANYAK cara yang bisa dilakukan untuk berbuat kebaikan, berdonasi misalnya. Seperti yang dilakukan oleh leader dari grup K-Pop terkenal BTS, Kim Nam-joon atau yang lebih dikenal dengan nama RM.

RM BTS mendonasikan KRW 100 juta atau sekitar Rp1,2 miliar untuk National Museum of Modern and Contemporary Art (MMCA).

Baca juga:

Jungkook BTS Jadi Idoal K-pop yang Paling Sering Dicari di Google

Uang dari donasi tersebut nantinya akan disumbangkan pada sejumlah sekolah di Korea Selatan. Sumbangan besar itu dilakukannya dalam rangka merayakan hari ulang tahunnya ke-26 yang jatuh pada 12 September.

RM BTS Sumbang Rp1,2 Miliar untuk National Museum of Modern and Contemporary Art
RM merayakan ulang tahunnya dengan mendonasikan Rp 1,2 M ke Museum Seni Nasional Korea Selatan. (twitter/@BTS_twt)

"RM mengungkapkan keinginannya untuk mendukung di bidang seni, bidang yang mana ia temukan inspirasi dan kenyamanan. Ia dapat lebih mengerti dan mendalami mengenai seni melalui buku, ia juga berharap anak-anak dan remaja yang sulit untuk pergi ke museum dapat dengan mudah mengenal seni melalui buku. Kami sangat senang dan terkejut saat mendengar keinginannya," ungkap direktur dari MMCA Yoon Bummo seperti dikutip dari laman Soompi.

Uang yang didonasikan RM nantinya akan digunakan untuk disumbangkan kembali ke 400 tempat seperti perpustakaan umum, sekolah dasar, Sekolah Mengegah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas yang ada di Korea Selatan.

Sekolah yang akan mendapatkan sumbangan ini adalah sekolah yang aksesnya sulit dijangkau, seperti yang berada di daerah pegunungan.

Baca juga:

Ultah Ke-23, Jungkook 'BTS' Kenang Pelajaran Berharga dari Orangtua

RM BTS Sumbang Rp1,2 Miliar untuk National Museum of Modern and Contemporary Art
RM mendonasikan uang tersebut ke National Museum of Modern and Contemporary Art. (Foto: koreaboo)

Selain itu, uang tersebut juga akan digunakan untuk mencetak ulang buku-buku mengenai seni yang sulit didapatkan. Ada delapan set buku yang akan dicetak sekitar 4.000 kali, kemudian akan disebar luaskan. Buku-buku tersebut juga akan dijual di toko buku yang berada di museum seni mulai Oktober 2020.

RM sendiri diketahui sering mengunjungi museum. Ia menyebarkan pengaruh positif dalam meningkatkatkan kecintaan pada seni. Oleh karena itu, museum ini juga akan berusaha memperbanyak buku-buku mengenai seni.

RM BTS Sumbang Rp1,2 Miliar untuk National Museum of Modern and Contemporary Art
RM sering datang ke museum seni di sela jadwalnya yang padat. (Foto: soompi)

Selain merayakan ulang tahunnya dengan berdonasi ke museum. RM juga pergi ke pameran seni digital Starry Beach di Kukje Gallery, Seoul. Ia mengunggahnya ke twitter resmi BTS @bts_twt.

Rapper dari grup BTS ini memang dikenal tertarik dalam seni, ia bahkan masuk dalam komunitas seni. Walaupun sibuk dengan jadwal grup dan tur dunia, RM tetap menyempatkan diri mengunjungi museum seni. Tidak jarang ia mengunggah kunjungannya di media sosial. (may)

Baca juga:

Jin BTS Tunda Wajib Militer Hingga Akhir 2021



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH