Rizal Mallarangeng Ungkap Penyebab Kelangkaan Minyak Goreng Pendiri Freedom Institute Rizal Mallarangeng memberi pemaparan dalam webinar Komitmen Demokrasi Sebagai Jalan Menuju Kesejahteraan. (28/7). ANTARA/Putu Indah Savitri

MerahPutih.com - Mantan Staf Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Mallarangeng hadir sebagai saksi di sidang dugaan korupsi persetujuan ekspor crude palm oil (CPO) di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Dalam kesaksiannya, Rizal mengungkapkan kelangkaan minyak goreng yang terjadi selama periode Januari-Maret 2022 disebabkan oleh kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

Baca Juga

Ahli Sebut Kelangkaan Migor Disebabkan Kebijakan HET Tak Didukung Ekosistem Memadai

Menurutnya, keputusan pemerintah untuk mengendalikan pasar melalui peraturan harga eceran tertinggi (HET) tidak tepat dilakukan untuk industri minyak goreng.

"Kebijakan untuk mengendalikan harga tidak tepat dilakukan untuk pasar yang ekosistemnya tidak dikontrol oleh pemerintah, termasuk jalur distribusinya. Ini berbeda dengan kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM seperti yang pernah saya alami. Harga BBM dapat dikendalikan karena didukung ekosistemnya, yaitu ada kontrol tunggal pemerintah melalui Pertamina, sedangkan untuk minyak goreng, pemainnya sangat beragam," kata Rizal di PN Tipikor, Rabu (7/12).

Rizal menambahkan, pengendalian harga melalui HET yang jauh di bawah harga produksi memengaruhi pasokan karena produsen juga tidak ingin rugi. Sementara dari segi permintaan, adanya HET membuat konsumen menganggap dapat membeli dalam jumlah banyak dengan pengeluaran yang sama sehingga mengakibatkan permintaan melonjak.

"Jadi menurut pengalaman saya, kebijakan yang paling tepat adalah melalui BLT (bantuan langsung tunai). Dalam hal ini, industri tidak dirugikan dan daya beli masyarakat tetap terjaga. Kebijakan BLT ini sekarang banyak diterapkan di dunia internasional untuk mengatasi krisis," papar Rizal.

Rizal juga menjelaskan mengenai alasan dan fungsi dari Tim Asistensi di Kementerian Perekonomian. Menurut dia, Tim Asistensi sengaja dibentuk oleh Menko untuk mendapatkan advis-advis dari ahli-ahli tanpa melalui rantai birokrasi yang panjang.

Tim Asistensi, kata dia, bertugas memberikan rekomendasi kebijakan yang didukung oleh data dan analisis, tetapi penentuan kebijakan sepenuhnya berada di tangan Menteri. Bahkan, rekomendasi yang diberikan Tim Asistensi acapkali tidak diikuti oleh Menteri.

"Staf Khusus dan Tim Asistensi memang dibentuk untuk memotong birokrasi, terutama Ketika Menko membutuhkan opsi-opsi maupun advis yang cepat. Bedanya, penugasan untuk Staf Khusus itu sifatnya general sedangkan Tim Asistensi itu lebih spesifik, tergantung dengan pengatahuan dan keahliannya," ujar Rizal.

Baca Juga

Pedagang Sebut Kelangkaan Minyak Goreng Akibat Penetapan HET

Rizal mengaku, baik Staf Khusus maupun Tim Asistensi kerap kali diminta oleh Menko Perekonomian untuk menjadi perwakilan sebagai mitra diskusi kementerian teknis di bawahnya, termasuk Kementerian Perdagangan. Penunjukan sebagai mitra diskusi ini tidak pernah surat keputusan (SK) khusus.

"Tim Asistensi memang menjadi mediator, harus bergerak cepat dan kreatif. Rakyat akan diuntungkan jika dinamikanya tidak homogen dan monolitik, supaya ide yang diambil mencerminkan dinamika diskusi yang fleksibel. Jadi, terkait dengan peran Lin Che Wei sebagai mitra diskusi Menteri Perdagangan dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng, itu adalah hal yang lumrah," kata Rizal.

Terakit dengan benefit, Rizal mengaku Tim Asistensi tidak mendapatkan gaji yang berasal dari APBN. Apabila ada insentif, biasanya berasal dari dana hibah lembaga asing. Meski demikian, hal yang paling berharga bagi Tim Asistensi adalah adanya kesempatan bahwa ide atau rekomendasinya bisa dijadikan kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Jadi, tanggung jawab Tim Asistensi itu lebih terletak pada tanggung jawab moral dan intelektual. Sementara tanggung jawab secara legal dan politik tetap di tangan Menteri, karena dia yang menandatangani setiap peraturan kebijakan," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Eks Komite Pengarah BPDPKS Ungkap HET jadi Biang Keladi Kelangkaan Migor

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Telkom Bangun Pusat Data neuCentriIX di IKN Nusantara
Indonesia
Telkom Bangun Pusat Data neuCentriIX di IKN Nusantara

Adanya data center selain untuk bisnis perusahaan teknologi maupun telekomunikasi, tapi juga untuk membantu ekonomi lokal

Megawati Minta Kader Bersabar Tunggu Nama Capres-Cawapres Usungan PDIP
Indonesia
Megawati Minta Kader Bersabar Tunggu Nama Capres-Cawapres Usungan PDIP

Megawati Soekarnoputri menegaskan agar semua kader bersabar terkait capres-cawapres yang diusung partai berlogo banteng moncong putih tersebut di Pemilu 2024.

Kawasan Bromo Ditutup Total pada 15 - 16 Juni
Indonesia
Kawasan Bromo Ditutup Total pada 15 - 16 Juni

Wisatawan untuk sementara waktu tidak bisa berkunjung ke kawasan Bromo di Jawa Timur, pada pertengahan bulan Juni.

Sekjen PDIP Kunjungi Gibran di Barak Sekolah Partai
Indonesia
Sekjen PDIP Kunjungi Gibran di Barak Sekolah Partai

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming salah satu kepala daerah yang mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala/Wakil Kepala Daerah di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis (16/6).

 Jokowi Bergelar Pangeran Bangsawan dari Kesultanan Ternate
Indonesia
Jokowi Bergelar Pangeran Bangsawan dari Kesultanan Ternate

Jokowi mengikuti ritual Joko Kaha atau injak tanah yang merupakan upacara tradisional untuk menerima tamu agung di halaman Kedaton Kesultanan Ternate.

Pemerintah Segera Bangun Jalan Penunjang IKN Rp 265 Miliar
Indonesia
Pemerintah Segera Bangun Jalan Penunjang IKN Rp 265 Miliar

Pemerintah mencadangkan anggaran sebesar Rp 27-30 triliun dalam APBN 2023 untuk keperluan pembangunan IKN Nusantara.

[HOAKS atau FAKTA]: Presiden Zelenskyy dan Rakyat Ukraina Marah Terhadap Jokowi
Indonesia
[HOAKS atau FAKTA]: Presiden Zelenskyy dan Rakyat Ukraina Marah Terhadap Jokowi

Akun Helo dengan nama pengguna “AMRAN ARIEF” mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar artikel CNN Indonesia berjudul “PRESIDEN ZELENSKY DAN RAKYAT UKRAINA BANTAH DAN MARAH SUDAH DI FITNAH DAN DI RENDAHKAN JOKOWI”.

Begini Lonjakan Pergerakan Moda Transportasi Pada H-6 Lebaran
Indonesia
Begini Lonjakan Pergerakan Moda Transportasi Pada H-6 Lebaran

pemantauan pergerakan penumpang mudik pada tahun ini dilakukan di 111 terminal bus, 16 pelabuhan penyeberangan, 50 bandar udara, 110 pelabuhan laut, dan 13 Daerah Operasi/ Divre KA.

Tingkatkan Kenyamanan Penumpang, KAI Remajakan Kereta Ekonomi
Indonesia
Tingkatkan Kenyamanan Penumpang, KAI Remajakan Kereta Ekonomi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan meningkatkan kenyamanan pelanggan selama dalam perjalanan. Hal tersebut dilakukan dengan peremajaan sarana yaitu kereta kelas ekonomi.

Fasilitas Kesehatan Harus Tetap Siaga Setelah PPKM Dicabut
Indonesia
Fasilitas Kesehatan Harus Tetap Siaga Setelah PPKM Dicabut

Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jangan sampai mengendurkan upaya perlawanan terhadap penyebaran COVID-19.