Riza Patria Minta Karyawan yang Kena PHK Kerja di Rumah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria memberi salam usai pemilihan, di Gedung DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Senin (6/4). ANTARA/Deka Wira

Merahputih.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Ahmad Riza Patria menyarankan, karyawan yang kehilangan pekerjaan karena ada Pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan imbas virus corona agar memulai usaha mandiri membuat Alat Pelindung Diri (APD).

Sebab, APD seperti masker, hand sanitizer, dan sarung tangan saat ini tengah dibutuhkan masyarakat untuk memutus mata rantai penularan penyakit dari Wuhan Tiongkok itu.

Baca Juga

Menkes Terawan Izikan Anies Lakukan PSBB di Jakarta

"Jadi gini yang udah di PHK nanti diharapkan bisa kerja dirumah dengan cara buka usaha di rumah, bisa bikin masker, APD, apa sarung tangan dan lain-lain," ujar Riza saat dikonfirmasi Senin (13/4).

Selain produksi APD, mereka juga bisa menggeluti usaha pangan dan kebutuhan pokok yang setiap harinya pasti dibutuhkan masyarakat.

"Usaha kreatif, usaha usaha pangan, itu juga bisa karena sekarang kebutuhan makan dan sebagainya semakin tinggi," ungkapnya.

Riza
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Gerindra, Ahmad Riza Patria. Foto: MP/Asropih

Mereka yang memilih berwirausaha lanjut Riza, nantinya diberi pembekalan dan pelatihan dari Pemda DKI melalui Program Kewirausahaan Terpadu (PKT) pengganti OKE OCE (One Kecamatan, One Center of Entrepreneurship).

"Kan ada program enterpeneur, itu dilakukan," tutup dia.

Baca Juga

AJI Kritik Rapid Tes COVID-19 untuk Wartawan, Ini Alasannya

Seperti diketahui, Pemprov DKI mendata hingga saat ini sudah ada 30.137 pekerja di DKI yang di PHK dari perusahaan dalam rentan Maret hingga April 2020 imbas dari wabah COVID-19.

Data ini diserahkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) untuk mengeluarkan kartu pra kerja. (Asp)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH