Ritual Singkat Ini Tingkatkan Kesehatan Otak dan Membuatmu Terhindar dari Stres Bahagia dengan ritual sederhana dan singkat (Sumber: Business Insider)

OTAK manusia menyimpan keajaiban. Organ tubuh yang dilindungi tempurung kepala tersebut dapat mengakomodir sistem kerja seluruh tubuh kita. Mulai dari sistem pencernaan hingga sistem reproduksi. Sedikit saja stres melanda otak, maka kesehatan kita menjadi taruhannya.

Empat kebiasaan sederhana rupanya mampu membuat neurologis kita berkembang dan otak pun sehat. Kebiasaan tersebut bahkan tak membutuhkan waktu lama. Berikut lima kebiasaan tersebut:

Baca Juga:

Penelitian: Sering Minum Teh Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak

1. Tidur Dapat Mereduksi Stres

Tidur
Kurangi stres dengan tidur (Sumber: Dreams)

Pernahkah kamu membayangkan apa yang terjadi pada semua stres yang kamu alami seharian? Mulai dari rekan kerja yang menyebalkan hingga tukang ojek yang nyaris menabrakkan motornya ke mobilmu. Bahkan tekanan terhadap diri sendiri yang tidak kita sadari. Kemanakah perginya mereka? Otakmu yang luar biasa mengumpulkannya dan menyimpannya ketika kamu bermimpi. Pada saat kamu tidur, kamu memproses stres dan dan trauma. Beberapa tekanan kecil yang kamu rasakan akan tereduksi dengan sendirinya saat tidur. Jadi hal yang paling efektif untuk meningkatkan fungsi otakmu adalah dengan memejamkan mata selama tujuh hingga delapan jam.

2. Bangun Bersamaan dengan Terbitnya Fajar

Lari pagi
Lari pagi (Sumber: Stocksnap)

Orang tua kita selalu menasihati kita untuk bangun tepat waktu di pagi hari. Walaupun hal tersebut tak ada kaitannya dengan frasa "rejeki dipatok ayam" namun rupanya ada kaitannya dengan kesehatan mental dan fisik loh. Otak kita menggunakan sekelompok sel saraf yang disebut nukleus suprachiasmatic untuk mengatur sesuatu yang disebut ritme sirkadian. Irama sirkadian adalah jam utama di otak yang menyinkronkan jam biologismu. Irama sirkadian yang abnormal dikaitkan dengan obesitas, diabetes, gangguan tidur, disregulasi hormon, depresi hingga gangguan bipolar. Dengan kata lain, bangun ketika matahari terbit dapat meningkatkan kerja nukleus suprachiasmatic.

Baca Juga:

Adiksi Gim Daring Ubah Struktur Otak

3. Konsumsi Minyak Ikan

Konsumsi minyak ikan
Rutin konsumsi minyak ikan (Sumber: Healthline)

Minyak ikan memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Lihat saja cara kerjanya pada anak-anak. Mereka yang rutin mengonsumsi minyak ikan lebih aktif dan kritis dalam kegiatan belajar di sekolah dibandingkan yang tidak mengonsumsi minyak ikan secara rutin. Kamu bisa mengonsumsinya yang berupa cairan atau dalam bentuk kapsul.

4. Lakukan Hal Yang Membuatmu Tak Nyaman

Comfort Zone
Tinggalkan zona nyamanmu (Sumber: Top Naija)

Setiap orang tentu enggan keluar dari zona nyamannya. Namun rupanya hal tersebut justru yang dibutuhkan oleh otak kita. Otak membutuhkan pembaruan untuk tumbuh. Dengan melakukan hal-hal yang berada di luar zona nyaman, kamu telah membiarkan otakmu mengembangkan cabang-cabang baru pada pohon neuronnya (jalur dendritik). (avia)

Baca Juga:

Awas! Depresi Bisa Bikin Ukuran Otak Menyusut

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia