Ritual Perawatan Rambut di Malam Hari Ini Buat Rambut Sehat dan Berkilau di Pagi Hari Rambut indah dan berkilau (Sumber: Orissa Post)

JIKA memiliki rambut yang diwarnai, kering, atau rusak, kamu mungkin sudah berhati-hati untuk memastikan perawatan yang tidak menyebabkan kerusakan. Menggunakan masker pelembab, pelindung panas, menghindari panas secara umum dilakukan oleh banyak orang. Namun, ternyata rambut tak hanya bisa rusak saat kita beraktivitas di luar ruangan. Salah satunya saat kamu tidur.

Meskipun ketika tidur kondisi tubuh terlihat tenang, kamu tidak sepenuhnya tahu apa yang terjadi ketika mata tertutup. Kamu bisa membolak-balikkan dan menarik rambut secara tidak sengaja atau menciptakan gesekan.

Jika kamu merawat rambut dengan baik dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu ingin memastikan rambut juga terlindungi saat tidur. Berikut cara untuk melindungi rambutmu saat tidur:

1. Pastikan Rambut Dalam Keadaan Kering

Rawat Rambut
Keringkan dengan handuk (Sumber: StyleBell)

Kondisi terlemah rambut adalah saat basah. Jadi, tidur ketika rambut masih basah sangat rentan terhadap kerusakan. Pastikan rambutmu kering sebelum kamu tertidur. Menggunakan handuk rambut microfiber adalah cara yang bagus untuk mempercepat waktu pengeringan tanpa panas.

2. Gunakan Bantal Berbahan Satin atau Sutera

Silk
Bantal Berbahan Sutra (Sumber: Silk Only)

Bahan sutra atau satin jauh lebih lembut di rambut daripada sarung bantal biasa. Menggunakan sarung bantal yang lembut akan membantu mengurangi kerusakan. Sarung bantal berbahan sutra atau satin tidak akan menyumbat rambut ketika tertidur. Kondisi rambutmu pun akan terjaga selama delapan jam.

Baca juga:

Ingin Tetap Kuat Setelah Tua? Lakukan ini!

4 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Gemar Bepergian

Pilih Daycare yang Tepat bagi si Kecil, ini Panduannya

3. Tidur dalam Keadaan Rileks

Aroma terapi
Rileks dengan aroma terapi (Sumber: Natural Working Mom)

Menurut American Academy of Dermatology, stres dapat merusak kesehatanmu dengan berbagai macam cara. Stres juga dapat membahayakan kulit dan rambut. Kerontokan rambut tak terelakkan saat kamu tertidur. Pastikan tidur dalam keadaan rileks sehingga tak ada rambut yang jatuh ke bantal di pagi hari. Hiruplah minyak lavender sebelum tidur untuk mendapatkan manfaat relaksasinya. Kamu juga bisa menggosokkannya ke titik-titik akupresur pada tubuh.

4. Sisir Rambut Sebelum Tidur

Sisir rambut
Sisir rambut agar tidak kusut (Sumber: Healthy Woman)

Tidur dengan rambut yang kusut hanya akan memburuk kerusakan rambut. Ketika kamu tanpa sadar bergerak di malam hari, rambut akan semakin kusut dan berakhir pada kerontokan. Untuk itu hindari rambut kusut sebelum tidur. Sisirlah rambut di malam hari sebelum tidur agar rambutmu tidak kusut.

5. Lakukan Treatment di Malam Hari

Treatment
Rawat rambut di malam hari dengan minyak (Sumber: Ask Hairstyles)

Tak hanya kulit, rambut juga butuh perawatan di malam hari. Sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk menerapkan perawatan minyak pada rambutmu. Hal tersebut dapat membantu kondisi rambut dan melembabkannya saat kamu tidur. Aplikasikan minyak argan, minyak abyssinian, vitamin E, dan mineral laut untuk melembabkan dan menguatkan rambut tanpa terasa berminyak.

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH