Ritual Mencari Jodoh di Kawasan Wisata Curug Ciputri  Kuningan Curug Ciputri Palutungan Kabupaten Kuningan. (MP/Mauritz)

Curug (air terjun) Ciputri, atau Curug Putri Landung merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di jalur pendakian Gunung Ciremai, Tepatnya di Kawasan Bumi Perkemahan Palutungan, Kecamatan Cugugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Curug Ciputri terletak pada 1.100 – 1.150 meter di atas permukaan laut, dengan suhu udara antara 20 – 24C. Air dari Curug Ciputri memiliki ketinggian mencapai sekitar 30 meter. Air jernih di Curug Ciputri ini berasal dari mata air di dalam hutan Gunung Ciremai.

Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada menuturkan, berdasarkan cerita legenda masyarakat sekitar Gunung Ciremai, Curug Ciputri diyakini sebagai tempat mandinya para bidadari yang turun dari kayangan. Nama Curug Ciputri sendiri, menurut Dede, diambil dari cerita legenda tersebut.

Konon, bidadari-bidadari cantik dari kayangan ini turun ke bumi (Curug Ciputri) pada saat hujan gerimis dalam cuaca matahari bersinar terang. Kedatangan bidadari-bidadari cantik dari kayangan tersebut, ditandai juga dengan munculnya pelangi dari atas langit di sekitar kawasan Curug Ciputri.

"Kalau dilihat dari kejauhan, curugnya mirip seorang putri memakai selendang," kata Dede Sembada kepada merahputih.com.

Wisatawan yang berkunjung ke Curug Ciputri atau Curug Putri Landung ini, biasanya tidak sekadar ingin melihat indah dan merasakan sejuknya kawasan wisatanya saja. Namun, melakukan ritual -ritual untuk tujuan tertentu, seperti ingin segera mendapat jodoh atau ingin mendapatkan pekerjaan yang mapan.

Untuk ritual mencari jodoh atau mendapatkan pekerjaan yang mapan, biasanya pengunjung mandi atau membasuh mukanya dengan air yang berada di Curug Ciputri. Ritual mencari jodoh ini biasanya banyak dilakukan pada saat menjelang bulan puasa, atau menjelang malam satu suro.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Ciputri, dari Kota Kuningan dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer. Curug Ciputri berada di sekitar 500 meter ke arah timur dari Kawasan Bumi Perkemahan Palutungan. Dan, waktu jarak tempuh dari Kota Kuningan hanya sekitar 30menit.

Berita tentang "Ritual Mencari Jodoh di Kawasan Wisata Curug Ciputri Kuningan" ini berdasarkan liputan Mauritz, wartawan atau kontrobutor merahputih.com di wilayah Cirebon, Kuningan dan sekitarnya. Untuk mengetahui kondisi tempat wisata unik lain di Cirebon, baca Juga: Tujuh Sumur Purbakala di Kaliwadas Kurang Perhatian Pemerintah



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH