Risma: Pemerintah Jangan Buang-buang Dana Bangun Bandara

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 11 September 2015
Risma: Pemerintah Jangan Buang-buang Dana Bangun Bandara
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) diajak berfoto selfie oleh peserta kongres seusai acara pembukaan Kongres IV PDI Perjuangan di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Bali, Kamis (9/4). Kongre

MerahPutih Peristiwa - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menilai Indonesia sudah sangat memerlukan moda transportasi masal kereta api untuk mengurangi kemacetan lalu lintas (lalin) yang semakin parah. Kemacetan di beberapa kota besar di Indonesia semakin bertambah. Hal itu juga disebabkan pertumbuhan penduduk Indonesia yang meningkat 1,9 persen setiap tahun.

"Kalau jumlah penduduk besar seperti (negara) kita, sudah tidak mungkin lagi menggunakan bus. Karena bus itu sekali angkat hanya mampu angkat berapa? Kemudian juga pesawat itu angkat berapa? Jadi kita membutuhkan moda transportasi yang bisa mengangkut orang banyak seperti kereta," ujarnya dalam diskusi publik, di JCC Senayan, kemarin malam, Kamis (10/9).

Risma mengatakan, pembangunan transportasi massal kereta api bisa mengalihkan masyarakat pengguna kendaraan pribadi. Seperti terjadi di beberapa negara maju, masyarakat pengguna kendaraan pribadi berduyun-duyun beralih ke kendaraan umum. Selain dapat mengangkut banyak penumpang, moda transportasi kereta api juga lebih murah.

"Selain bisa mengangkut banyak penumpang. Menggunakan moda transportasi kereta juga bisa lebih hemat, karena harganya jauh lebih murah," kata Risma.

Oleh sebab itu, Risma menyarankan, pemerintah tidak membuang-buang dana untuk membangun Bandara. Karena dengan jumlah penduduk sebanyak ini, lanjut Risma, pesawat bukanlah moda transportasi yang tepat.

"Semakin banyak kita buat bandara, itu semakin boros pengeluaran keuangan kita. Jadi buat apa?" tandasnya dengan nada tegas. (rfd)

 

Baca Juga:

Hadiri Seminar IBEX, Risma Promosi Keunggulan I Pad

Pilwalkot Surabaya, Maia Siap Saingi Risma?

Pilwalkot Surabaya, PDIP dan PAN Berebut Risma

 

 

#Transportasi Udara #Transportasi Massal #Wali Kota Surabaya #Tri Rismaharini
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan