Risiko dan Manfaat Donor Organ Ada peningkatan kebutuhan akan donor organ manusia bagi dokter dan ahli bedah. (Foto: Freepik/atlascompany)

ADA peningkatan besar dalam donor organ tubuh dan jaringan karena berbagai prosedur bedah dalam kedokteran berkembang. Sekitar 20 tahun yang lalu, ada peningkatan kebutuhan akan donor organ manusia bagi dokter dan ahli bedah untuk digunakan dalam praktik.

"Hal ini menyebabkan lini baru bisnis pialang tubuh. Pada dasarnya, mereka menemukan individu yang hampir mati – atau orang yang mereka cintai – dan berbagi ide tentang donasi tubuh. Nenek meninggal, misalnya, dan tidak ada yang tahu apa yang harus dilakukan dengan tubuhnya. Perusahaan-perusahaan ini memberikan pilihan," jelas Thomas H. Champney, PhD, profesor biologi sel di University of Miami, AS.

Baca Juga:

Stres dapat Menyebabkan Siklus Mentruasi Jadi Tak Teratur

donor
Sebelum menjadi donor, cari tahu tentang bagaimana organisasi menangani organ-organ yang didonorkan. (Foto: Unsplash/jesse orrico)

Penggunaannya bahkan dapat mencakup pendidikan berkelanjutan untuk petugas kesehatan saat ini. “Ini adalah para profesional yang bekerja seperti paramedis, dokter, dan perawat yang datang untuk mengasah keterampilan mereka di lingkungan di mana konsekuensinya tidak setinggi ketika berlatih pada manusia yang hidup,” kata Angela McArthur, Direktur Anatomy Bequest Program di University of Minnesota, AS seperti diberitakan WebMD.

Semuanya berjalan baik, tetapi seringnya, ada kesenjangan dalam pemahaman tentang apa yang terjadi begitu tubuh berada di tangan seorang broker. Misalnya, kamu mungkin mengira seluruh tubuh akan dikremasi setelah digunakan dan abunya dikembalikan ke keluarga. Namun kerap kali, keluarga mungkin hanya menerima sebagian abu, dari satu bagian tubuh atau lainnya.

Masalah lain termasuk kurangnya pengungkapan tentang bagaimana tubuh akan digunakan. Seorang makelar mungkin memotong-motong tubuh, mengirimkan satu bagian ke sekolah kedokteran, dan yang lainnya ke lembaga penelitian. Terkadang, bagian-bagian itu digunakan berulang kali.

Dalam beberapa kasus, perusahaan, atau bahkan militer, menggunakan bagian tubuh untuk studi dampak guna memastikan produk mereka akan terlindungi sesuai rancangannya. “Broker donor organ perlu mencantumkan itu dalam persetujuan sehingga orang tidak merasa disalahgunakan,” kata McArthur.

Ada juga fakta bahwa beberapa broker mendapat untung besar dari tubuhmu, begitu mereka menerimanya. “Membeli tubuh adalah ilegal, tetapi mereka mungkin membebankan biaya pengiriman astronomis kepada pelanggan akhir mereka, [sehingga] menghasilkan keuntungan,” kata Champney

Bisnis pialang donor organ juga memiliki beberapa pemain tidak etis yang memangsa donor berpenghasilan rendah, menjanjikan layanan kremasi dengan imbalan tubuh. Mereka beriklan di hospice, panti jompo, dan bahkan perumahan lansia berpenghasilan rendah. Meskipun bisa terasa seperti kesepakatan yang bagus, kamu harus tahu apa yang terjadi selanjutnya dengan tubuhmu atau tubuh orang yang kamu cintai.

Baca Juga:

Nostalgia Mengurangi Persepsi Rasa Sakit

Cari tahu

donor
Bisnis pialang donor organ ada yang tidak etis yang memangsa donor berpenghasilan rendah. (Foto: Freepik)

Jika kamu atau orang terdekat sedang mempertimbangkan untuk mendonorkan tubuhnya, kamu harus memperhatikan perlindungan dan tanda bahaya. “Saat membaca persetujuan, lihat untuk memastikan penggunaan donasi terdaftar dan siapa kemungkinan penggunaanya,” kata McArthur. “Juga, miliki kerangka waktu yang jelas kapan jenazah orang yang tercinta akan dikremasi, dan ketahui apakah jenazah yang kamu terima kembali akan berupa kremasi seluruh tubuh atau sebagian tubuh,” dia menambahkan.

Menyingkapi kejadian ekstrim, waspadalah terhadap masalah apa pun. “Jika ada kekurangan pengungkapan pada salah satu item, berhati-hatilah. Jika dokumennya berkualitas buruk – dengan kesalahan ketik, misalnya – kamu sebaiknya mencari tahu apa yang terjadi di balik pintu tertutup,” kata McArthur.

“Periksa status keuntungan mereka. Jika itu untuk mencari keuntungan, tidak apa-apa, tetapi mereka harus mengungkapkannya,” dia menekankan.

Dan, McArthur menyarankan untuk menggali sedikit tentang bagaimana organisasi menangani organ-organ yang didonorkan. Mereka mungkin tersegmentasi, yang bisa menjadi praktik standar, tetapi kamu harus tahu. “Lihat tes darah untuk penyakit menular, pengawetan, disartikulasi, dan sejenisnya. Harus diungkapkan secara penuh penuh tentang apa yang akan terjadi pada tubuh,” katanya.

Suatu saat proses donor organ akan lebih mudah dan transparan. Tetapi sampai saat itu, yang terbaik adalah melanjutkan dengan sedikit skeptisisme dan melakukan pekerjaan rumah sebelum berkomitmen menjadi donor tubuh. (aru)

Baca Juga:

Donor Organ dari Pasien COVID-19 tetap Aman

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Makanan Raja-raja Mataram Diusulkan Jadi Suguhan di Akad Nikah Kaesang dan Erina
Fun
Makanan Raja-raja Mataram Diusulkan Jadi Suguhan di Akad Nikah Kaesang dan Erina

Usulan makanan Raja-raja Jawa ini dinilainya senada dengan konsep pernikahan

Dengan 'DNA' BTS Raih 70 juta Viewers
ShowBiz
Dengan 'DNA' BTS Raih 70 juta Viewers

hanya perlu waktu satu bulan mampu meraih 70 juta viewers

Bercinta Sambil Bermain Peran, Kenapa Tidak?
Fun
Bercinta Sambil Bermain Peran, Kenapa Tidak?

Bermain peran membuat kegiatan bercinta terasa menyenangkan.

Aprilia Kini Berhasil Memimpin Klasemen MotoGP 2022
Fun
Aprilia Kini Berhasil Memimpin Klasemen MotoGP 2022

Aprilia kini memimpin klasemen sementara MotoGP 2022. Aleix Espargaro berhasil meraih podium pertamanya di MotoGP Argentina.

Febinda Tito Bikin Galau di Single 'Berantakan'
ShowBiz
Febinda Tito Bikin Galau di Single 'Berantakan'

Febinda Tito memulai karier bermusiknya di awal 2020.

Le Sserafim Akan Segera Comeback untuk Pertama Kalinya
Fun
Le Sserafim Akan Segera Comeback untuk Pertama Kalinya

Le Sserafim sedang dalam persiapan menyiapkan proyek baru

Intip Keunikan Gaun Bordeaux Hillary Clinton di Met Gala 2022
ShowBiz
Intip Keunikan Gaun Bordeaux Hillary Clinton di Met Gala 2022

Hillary Clinton tampak anggun mengenakan gaun ini.

Kemendikbudristek dan UNICEF Terbitkan Modul Remaja Sehat Jiwa Raga
Fun
Kemendikbudristek dan UNICEF Terbitkan Modul Remaja Sehat Jiwa Raga

Terbit untuk menjawab beragam permasalahan kompleks yang terjadi di kalangan remaja terkait dengan isu pubertas, gizi, kebersihan, kesehatan, dan keamanan berinternet dan interaksi sosial

Penting Enggak Sih Membatasi Screen Time Pada Anak?
Fun
Penting Enggak Sih Membatasi Screen Time Pada Anak?

sebenarnya tak sepenuhnya salah apabila tujuannya untuk edukasi dan stimulasi perkembangan otak.

AD2, Sepatu Andalan Abraham Damar Grahita saat Unjuk Gigi di SEA Games 2021
Fashion
AD2, Sepatu Andalan Abraham Damar Grahita saat Unjuk Gigi di SEA Games 2021

Sepatu AD2 dibuat sebagai bentuk apresiasi terhadap Abraham Damar Grahita.