Rio Dewanto Berharap Masyarakat Indonesia Menghargai Kopi Rio Dewanto. Serius mengembangkan kopi Indonesia. (Foto: MP/Albi)

TIDAK dapat dimungkiri lagi sebenarnya Indonesia ialah negara penghasil kopi terbaik. Sayang banyak warga Indonesia yang melupakan kopi asli Indonesia. Mereka lebih memilih kopi impor maupun brand kedai kopi luar.

Untuk itu Aktor Rio Dewanto berharap masyarakat lebih menghargai hasil kopi buatan Indonesia. Menurutnya menghargai kopi pun bukan hal yang sulit. Caranya hanya dengan menjadi penikmat kopi, hal itu sudah menunjukkan sikap menghargai minuman berkafein itu.

"Sebenarnya kalau saya enggak berusaha untuk menjadi aktivis setidaknya mereka menikmati kopi di Indonesia aja itu udah positif kemajuan yg cukup pesat," harap Rio di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (29/3).

Ditambahkan pula oleh pemain film Filosofi Kopi itu, penikmat kopi sendiri setiap tahunnya sudah mengalami peningkatan. Terlebih dengan adanya kemajuan selera seseorang dengan rasa kopi.

Dalam hal ini, ia memberikan contoh saat tengah mengunjungi suatu kedai kopi yang tidak ia sebutkan namanya. Jika biasanya wanita lebih suka mencicipi kopi dengan varian rasa seperti capucino, mochacino, dan lainnya, kala itu ia menemukan banyak wanitanya yang menikmati secangkir kopi hitam di kedai tersebut.

rio dewanto
Rio Dewanto bergabung pada komunitas Viva Barista. (Foto: MP/Albi)

"Kalau melihat pertumbuhan konsumen kopi tiga tahun belakangan naik terus. Ibu-ibu sudah nikmatin kopi hitam. Waktu itu gua pernah ke kedai kopi mereka pada minum kopi hitam," cerita Rio.

Kendati demikian, kata pria 30 tahun itu tentunya kelestarian kopi perlu terus dijaga. Sebab kopi sendiri dapat memberikan manfaat kepada negara terkait bidang ekonomi.

"(Kopi) Punya peran penting dalam devisa negara. Ini emas hitam yang terlupakan," katanya.

Sekadar informasi, Rio Dewanto juga telah bergabung dengan komunitas kopi bernama Viva Barista yang berkolaborasi dengan perusahaan E Commerce Elevenia. Kolaborasi tersebut akan memudahkan pecinta kopi untuk mendapatkan produk-produk kopi melalui platform marketplace itu.

Bergabungnya Rio dengan komunitas itu juga menunjukkan keseriusan Rio untuk semakin mengembangkan industri kopi tanah air. Salah satu misi Rio tidak lain termasuk untuk memberikan edukasi penting kepada petani kopi.

"Hampir semua jenis kopi sudah saya nikmatin," tutup Rio Dewanto. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH