Ringkus Lima Sindikat Narkoba, Polisi Sita 20 Kilogram Sabu Polisi menunjukan barang bukti yang disita dari sindikat narkoba (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya berhasil meringkus lima pelaku sindikat kejahatan narkoba jenis sabu seberat 20,419 Kilogram, yang dikemas dalam bungkus teh Cina Guanyinwang, pada Rabu (4/10) lalu.

Pelaku diketahui bernama, Safrizal alias Rizal, Razali, Mulyadi, Muzakkir, serta Jajang Saepudin.

Dir Narkoba PMJ, Kombes Pol Suwondo Nainggolan mengatakan awalnya pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada transaksi narkoba.

"Dari informasi itu kita berhasil menangkap tersangka Safrizal di Jl. walang Timur, Koja Jakarta Utara dengan barang seberat 3,3 Kilogram," kata Suwondo saat pers rilis di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (8/10).

Kemudian tim kembangkan dengan penggeledahan di rumah tersangka Safrizal yang katanya ada narkoba sebanyak 7 Kg. Namun dari keterang istri Safrizal sabu itu sudah dibawa kabur oleh Razali kakak Safrizal ke daerah Banjar, Jawa Barat.

"Kita lakukan pengejaran terhadap Razali dan pada Jumat (6/10) pukul 11.30 WIB, tersangka Razali berhasil ditangkap bersama tersangka Mulyadi dan Muzakkir di penginapan Pondok Wisata Anugrah Jaya Bulak Laut, Pangandaran, Jawa Barat," bebernya.

Lebih lanjut, kata Suwondo, tersangka Razali mengaku setelah mengambil sabu di rumah Rizal, sabu tersebut kemudian dibawa bersama Mulyadi dan Muzakkir ke Banjar Jawa Barat untuk diserahkan Jajang Saepudin pada Kamis (5/10) pukul 17.00 WIB di SPBU Banjar, Jabar.

Lanjutnya, pada Jumat (6/10) tersangka Jajang berhasil di tangkap di depan Hotel Hawai Pangandaran, Jawab. Ia mengaku sabu itu disimpan di mobil CRV yang di parkir di Dusun Pangarengan Jabar.

"Dan pada pukul 21.00 WIB kita lakukan penggeledahan di mobil CRV di Dusun Pangarengan dan ditemukan 2 buah tas ransel didalamnya berisi sabu seberat 17,036 KG," tandasnya.

Barang bukti yang disita polisi berupa, 1 tas ransel warna hitam merk Tracker yang didalamnya berisi sabu seberat 11,429 KG, 3 bungkus plastik teh Guanyinwang berisi sabu seberat 3,124 Kg, 17 bungkus plastik klip sabu seberat 1,683 Kg, 16 bingkus plastik klip berisi sabu seberat 800 gram, 1 buah timbangan, 3 untik mobil merk (CRV, Honda Jazz, Fortuner).

Para pelaku akan dikenakan pasal 114 ayat (2) juncto pasal 132 ayat (1) subsider 112 ayat (2) juncto pasal 132 ayat (1) Undang-undang RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman mati.(Asp)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH