Otomotif

Rifat Sungkar Bagikan Tips Memilih Pelek Aftermarket

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 02 Januari 2022
Rifat Sungkar Bagikan Tips Memilih Pelek Aftermarket
Memilih pelek aftermarket berdasarkan keselamatan dan kenyamanan.(Foto: Unsplash/Arvid Skywalker)

PADA dunia modifikasi, salah satu hal pertama yang kerap dilakukan oleh para modifikator yakni penggantian pelek. Karena, pelek dinilai bisa memberikan perubahan yang cukup signifikan pada tampilan mobil, dibanding part modifikasi yang lainnya.

Tak ayal apabila cukup banyak pelek aftermarket yang dijual di pasaran, dengan membawa brand sendiri, atau bukan pelek bawaan pabrikan mobil alias OEM.

Baca Juga:

IIMS 2022 akan Hadirkan Sejumlah Kejutan Bagi Pencinta Otomotif

Perhatikan batas maksimal saat ganti pelek. (Foto: Pixabay/mrjayw)

Sejumlah brand pelek ternama dari mancanegara pun telah banyak tersebar di Indonesia. Dari mulai brand buatan Jepang, Jerman, Thailand, Italia, Taiwan dan sebagainya. Harganya pun cukup beragam, dari mulai Rp3 jutaan hingga puluhan juta rupiah, jadi hanya tinggal menyesuaikan kantong saja.

Namun, bagi kamu yang ingin mengganti pelek standar mobil kamu dengan pelek aftermarket, jangan hanya melihat dari tampilan yang terlihat keren. Ada hal yang harus diperhatikan, salah satunya yakni faktor kenyamanan.

Menurut pereli nasonal sekaligus brand ambassador Mitsubishi Motors, Rifat Sungkar, hal yang diperhatikan pada pelek aftermarket yakni batasan maksimal saat ganti pelek.

"Sebaiknya, naik atau turun maksimal dua inci. Lebih dari itu, kekuatan rem mobil akan sangat berkurang. Jadi kalau naikin atau turun sebanyak dua inci, kinerja rem masih cukup baik," jelas Rifat, seperti yang dikutip dari laman kabaroto.com.

Baca Juga:

Rifat Sungkar Berikan Pesan Penting untuk Pengguna Mobil Turbo

Offset pelek perlu diperhatikan, karena bisa menimbulkan masalah (Foto: Pixabay/whodol)

Namun, menurut Rifat, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Pelek dengan offset makin kecil, maka pelek akan semakin keluar.

"Mungkin akan terihat keren, tapi pelek dengan offset kecil akan menimbulkan masalah seperti mentok bodi," ungkap Rifat.

Sebenarnya, penggunaan pelek aftermarket tidak masalah. Asalkan, ukuran yang dipakai harus cocok untuk kendaraan yang kamu gunakan. Jadi, kamu jangan hanya pikirkan tampilan mobil, harus memperhatikan juga faktor kenyamanan dan keselamatan. (Ryn)

Baca Juga:

Mengenal Plus Minus Mobil Penggerak Roda Depan dan Belakang

#Otomotif #Tips Otomotif #Rifat Sungkar
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan