/rif Tampil Perkasa di The 90's Festival Grup Band /rif saat tampil di The 90's Festival (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

MASIH ingat dengan lagu Radja? Jika kamu hafal banget dengan lagu itu, kamu pasti kangen ingin lihat penampilan band /rif. Ya, salah satu band Indonesia yang cukup berpengaruh di tahun 90-an, /rif, menjadi salah satu bintang yang paling ditunggu di perhelatan musik The 90's Festival, Sabtu (10/11), di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Grup band /rif yang namanya berarti rhytm in freedom tersebut tampil dengan formasi lengkap. Ada Andy sebagai vokalis, Jikun pada gitar, Ovy pada gitar, Maggi pada drum, dan Teddy pada bass.

Dengan mengenakan topi dan kaus lengan panjang, Andy /rif yang merupakan vokalis pemilik suara khas itu naik ke panggung dan menyapa para penonton yang hadir.

"Selamat malam 90's," ucap Andy yang disambut meriah para penonton yang didominasi generasi 90-an tersebut.

/rif membuka panggung lewat lagi Jeni. (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Grup yang dibentuk di Bandung, Jawa Barat, pada 1992 tersebut membuka penampilan mereka dengan lagu Jeni. Meski usia para personel /rif sudah tak muda lagi, kepiawaian dan aksi panggung /rif sungguh sangat luar biasa. Mereka tetap perkasa di atas panggung. Setelah menghentak di lagu pertama, Andy kembali menyapa penonton.

"Waduh lagu apalagi ya. Rasanya kalau ingat 90's, dulu kami masih ganteng-ganteng dan perkasa, tapi sekarang kami tampak lebih ganteng-ganteng dan perkasa," canda Andy menjelang menyanyikan lagu kedua dari /rif yang bertajuk Bintang Kejora.

Setelah lagu Bintang Kejora dibawakan di panggung MLDSPOT The 90's Festival, Andy memberikan tebak-tebakan kepada para penonton yang hadir. Ia meminta penonton menebak lagu apa yang akan dibawakan berikutnya.

"Lagu berikut ini saya enggak akan kasi tahu judulnya apa. Yang tahu lagunya nyanyi sama-sama ya. Yang enggak tahu lagunya, ya sok tahu aja. Lagu ini akan megingatkanmu pada era 90’s," celoteh Andy.

Penampilan enerjik dari /rif sukses memukau para penonton. (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)

Begitu musik dimainkan, tak butuh waktu lama, penonton langsung berjingkrak. Betapa tidak, lagu ketiga yang dibawakan merupakan salah satu single andalan /rif, yaitu Radja.

Sepanjang lagu itu, penonton bak karaoke berjamaah dari awal hingga akhir lagu. Sepenggal Lirik berikut ini dinyanyikan oleh ribuan penonton yang memadati panggung MLDSPOT.

'Andai ku jadi radja, mau apa tinggal minta tunjuk sini tunjuk sana dengan sedikit kata. Andai 'ku jadi radja, punya uang, punya harta, dan yang pasti aku juga akan punya kuasa'. Semua ikut nyanyi bersama /rif.

Dominasi generasi 90-an yang menonton begitu terlihat. Mereka sangat hafal lirik lagu andalan /rif itu.

Sesuai lagu, Andy mengatakan bahwa baginya, musik stuck di tahun 90. Musik setelahnya, saat ini, hanyalah pengulangan.

"Musik lahir sampai 90-an, stuck pas 90. Yang ada sekarang pengulangan balik lagi ke belakang entah saya sok tahu atau gimana ya, hehe," ujar Andy. Setelah obrolan singkat, /rif kembali membawakan lagu hit mereka, Aku Ingin dan Planet Kosong.

/rif menutup penampilan dengan lagu Lo Toe Ye yang dimedley dengan lagu No Women No Cry. (Foto: Mp/Raden Yusuf Nayamenggala)


Sepanjang penampilan, interaksi Andy dengan penonton begitu luar biasa. Itu bikin suasana jadi hangat dan bersahabat. Lagu selanjutnya dipersembahkan /rif untuk para perempuan yang harum mewangi. Lalu lagu Bunga dimainkan.

Aksi panggung dengan meliuk-liukkan tubuh ala Andy /rif begitu atraktif. Ditambah lagi dengan atraksi memutar mic bak seorang koboi ingin menangkap buruannya dengan tali laso pun dipertontonkan di atas panggung.

Sebagai penutup penampilan, /rif membawakan lagu pamungkas bertajuk Lo Toe Ye yang di-medley dengan lagu No Women No Cry oleh Bob Marley. Pada lagu terakhir tersebut, penonton kompak berjingkrak dan berdansa liar mengikuti alunan lagu yang begitu menghentak.(ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Bawakan 25 Lagu, Guns N' Roses Sukses Guncang Jakarta

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH