Rieke Diah Pitaloka: Paket Ekonomi Jokowi Abaikan Persoalan Ketenagakerjaan Rieke Diah Pitaloka (Foto: Antara)

MerahPutih Politik - Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka menilai, dua paket ekonomi yang diluncurkan pemerintahan Presiden Jokowi (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) atau Jokowi-JK tak satu pun yang menyentuh persoalan ketenagakerjaan secara utuh dan komprehensif. Bahkan, tak terlihat adanya integrasi antara kebijakan perindustrian dan ketenagakerjaan.

"Sangat disayangkan, seolah semua investasi dalam industri dan perdagangan tak ada korelasi dengan tenaga kerja," kata Rieke Diah Pitaloka kepada merahputih.com, Kamis (1/10).

Rieke Diah Pitaloka mempertanyakan, buat siapa paket ekonomi tersebut. Untuk meningkatkan kehidupan ekonomi rakyat atau sekedar untuk mengundang investasi dan menghasilkan keuntungan ekonomi bagi segelintir orang.

Selanjutnya, bagaimana dengan trilayak seperti yang dijanjikan pada saat pemilihan presiden (pilpres) oleh Jokowi-JK, yaitu kerja layak, upah layak dan lidup layak bagi rakyat pekerja.

Padahal, kata Rieke, tidak ada industri yang kuat tanpa pekerja yang kuat. Juga sebaliknya, tidak ada pekerja yang kuat tanpa industri yang kuat.

"Di mana letak integrasi antara industri dan pekerja, sementara PHK di mana-mana, kelayakan masih jauh dan perlindungan diabaikan," kata Rieke Diah Pitaloka.

Data yang dihimpun dari berbagai sumber memperlihatkan, dengan sangat terpaksa industri harus melakukan efisiensi termasuk pengurangan jam kerja hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

Empat sektor industri yang paling banyak melakukan PHK sejak Januari-September 2015, yaitu garmen sekitar 36.000 orang, sepatu sekitar 10.000 orang, elektronik 15.000 orang, dan batubara 10.000 orang.

Rieke Diah Pitaloka berharap, sebelum memasuki Masarakat Ekonomis Asean (MEA) 2016, kebijakan ekonomi termasuk melalui paket ekonomi bukan hanya melindungi dan memperkuat industri nasional, tapi menciptakan lapangan kerja, melindungi dan memperkuat pekerja Indonesia.

"Jangan sampai paket ekonomi justru ciptakan deindustrialisasi nasional yang lahirkan paket PHK," kata mantan artis kelahiran Garut 1974 ini. (fdi)

 

Baca Juga:

  1. Paket Ekonomi Jokowi Bukan Solusi Jangka Pendek
  2. Ekonom Indef: Paket Ekonomi Jokowi Salah Sasaran
  3. Pengumuman Paket Ekonomi Beri Sentimen Positif IHSG
  4. Rieke Bersama Pekerja Honor dan Kontrak Tagih Janji Jokowi
  5. Sering Cekcok dengan Suami, Rieke Diah Pitaloka Pilih Menjanda
  6. Rieke Diah Pitaloka Resmi Bercerai


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH