Ridwan Saidi: Ini Menteri Kalangan Parpol Yang Layak Diganti

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 15 November 2015
Ridwan Saidi: Ini Menteri Kalangan Parpol Yang Layak Diganti
Menteri BUMN Rini Soemarno (kiri) berdiskusi dengan Menteri Perdagangan Thomas Lembong (kanan) sebelum mengikuti Rapat Terbatas membahas situasi ekonomi terkini (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

MerahPutih Politik - Budayawan Betawi, Ridwan Saidi menilai masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) dalam koalisi pendukung pemerintah bukan sesuatu yang gratisan. Menurutnya ada kesepakatan politik terkait pembagian jatah kekuasaan.

Untuk itu, diprediksi sejumlah nama tokoh PAN bakal mengisi kabinet kerja Jokowi-JK menggantikan posisi menteri yang dinilai berkinerja buruk.

"Ada sejumlah menteri yang dinilai blunder dalam kinerjanya, sehingga layak untuk di ganti dan seluruhnya dari parpol," kata Ridwan, saat mengisi diskusi di Forum Senator, Menteng Jakarta Pusat, Minggu (15/11).

Siapa mereka? Yang pertama kata pria yang akrab disapa Babe, Rini Soemarmo, Menteri BUMN, dan Sudirman Said, Menteri ESDM. Keduanya kerap melakukan blunder baik dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan.

"Keduanya merupakan orang Jusuf Kalla," ungkapnya.

Kemudian Menteri Hukum dan HAM Yosanna Laoly, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Menteri Pemuda, Olah Raga, Imam Nahrawi, dan Jaksa Agung, M. Prasetyo.

"Semuanya adalah orang parpol pendukung pemenangan Jokowi-JK."

Ridwan menilai jika Jokowi mengganti posisi meraka dan mengganti dengan kader PAN, bukan kekompakan yang bakal terjadi namun konflik parpol akan semakin besar.

"Yang berkinerja buruk itu rata-rata orang parpol, seandainya diganti konflik besar akan terjadi," ujarnya.

Dengan demikian, kata Babe ada dua pilihan agar kabinet tetap kompak perbaiki kinerja menteri yang sudah ada atau melakukan penggemukan kabinet.(fdi)

Baca Juga:

  1. Reshuffle Kabinet, Presiden Jokowi Jangan Takut Impeachment
  2. Pengamat: Jokowi Harus Reshufle Semua Menteri
  3. PPP Akui Bahas Reshuffle Kabinet dalam Pertemuan KIH
  4. Reshuffle Kabinet Jokowi Belum Tuntaskan Masalah
  5. Setara Institute: Presiden Jokowi Gagal Pilih Menkopolhukam
#Liputan Khusus #Reshuffle Kabinet Jokowi-JK #Sudirman Said #Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno #Reshuffle Kabinet #Ridwan Saidi
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan