Ridwan Kamil Terkesan Situs Gunung Padang

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 24 September 2017
Ridwan Kamil Terkesan Situs Gunung Padang
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat berkunjung ke Situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (23/9). Foto: Mauritz/MP

MerahPutih.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terkesan saat berkunjung ke Situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (23/9).

Kunjungan ke situs yang pertama kali ditemukan oleh peneliti Belanda N.J. Krom, pada 1914 ini merupakan rangkaian kegiatannya sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat, untuk menyerap aspirasi warga di Kabupaten Cianjur.

"Kita patut bangga, bangsa Indonesia memiliki peninggalan situs budaya yang umurnya diperkirakan sudah ribuan tahun, lebih tua dari situs Piramida di Mesir," kata Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Dalam kunjungan itu, Kang Emil melakukan live report melalui akun instagram miliknya. Dengan demikian, jutaan follower-nya bisa mengetahui aktivitas Kang Emil di situs purba itu.

Selama di sana, Kang Emil dipandu koordinator juru pelihara Situs Gunung Padang, Kang Nanang, menjelajahi setiap ruang-ruang bebatuan di situs itu, diantaranya ruang batu kursi, batu lumbung, batu telapak kaki dan sebagainya.

Setelah berkeliling situs, Kang Emil menjelaskan, bahwa situs ini menceritakan intelenjensia nenek moyang bangsa ini. Dimana bebatuan digunakan untuk mengekspresikan kehidupan manusia.

"Setiap level bebatuan ada maksudnya (peruntukannya) dan di puncaknya diduga ada singgasina (kursi raja)," ujar Kang Emil.

Kang Emil mengusulkan agar Pemerintah memberikan perhatian serius terhadap situs ini. Terutama untuk menjaga keasrian situs sebagai objek wisata.

Untuk memudahkan semua kelompok umur bisa berkunjung ke sana, Kang Emil berpendapat, sebaiknya dibangun skyline. Sehingga ada pilihan untuk mencapai situs ini dengan cara yang lebih mudah. "Dengan begitu ada jalan alternatif, karena jalan yang ada sekarang cukup menguras tenaga," kata ayah dua anak ini.

Berita ini merupakan laporan Mauritz, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya di: Ridwan Kamil Usul Dibangun Skyline Menuju Situs Gunung Padang

#Ridwan Kamil
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan