Ridwan Kamil Tanam 10 Juta Bibit Pohon di Lahan kritis Jawa Barat

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 01 Desember 2021
Ridwan Kamil Tanam 10 Juta Bibit Pohon di Lahan kritis Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama bupati/wali kota se-Jabar saat menanam pohon di Kabupaten Bogor. (Foto: Biro Adpim Jabar)

MerahPutih.com - Perusahaan pengembang vaksin COVID-19 Astrazeneca menyumbangkan 10 juta bibit pohon untuk ditanam di lahan-lahan kritis di Jawa Barat.

Penaman dilakukan bibit pohon ini dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama bupati/wali kota se-Jabar di Area Bantaran Anak Sungai Ciliwung di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Selasa (30/11).

Baca Juga

DPRD Jabar Soroti Turunnya Hasil Budidaya Bibit Perikanan

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mendorong semua pihak supaya penanaman pohon dilakukan secara masif di berbagai daerah, khususnya di lahan kritis karena berpotensi menyebabkan bencana.

Pemerintah Provinsi Jabar juga telah menggagas program Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon. Menurutnya, hingga akhir November ini, program tersebut sudah tercapai, bahkan melebihi target yang ditetapkan yakni 52 juta bibit pohon.

"Saya menargetkan dalam 2 tahun, 50 juta pohon tertanam, Alhamdulillah, berkat sumbangan Astrazeneca juga, hari ini sudah tertanam bahkan terlewati yaitu 52 juta pohon tertanam," tuturnya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat diwawancarai di sela peninjauan pembangunan Alun-alun Kota Bogor, Selasa (30/11/2021). ANTARA/Linna Susanti
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat diwawancarai di sela peninjauan pembangunan Alun-alun Kota Bogor, Selasa (30/11/2021). ANTARA/Linna Susanti



Astrazeneca melalui program Az Forest turut berpartisipasi dalam Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon di Jabar. Perusahaan tersebut telah menanam 10 juta bibit pohon di sejumlah lahan kritis di Jabar, termasuk penanaman yang dilakukan hari ini.

"Astrazeneca punya program juga menanam 50 juta bibit pohon, 40 persennya atau 20 juta pohonnya ditanam di Indonesia, bahkan 10 jutanya di Jabar. Ini menunjukkan kalau kita kompak dan bersemangat, akan menghasilkan," ucapnya.

Baca Juga

Bibit Siklon Tropis Ancam Sejumlah Wilayah di Tanah Air

Tercapainya target 50 juta bibit pohon ini juga tak lepas dari kemudahan yang diberikan Dinas Kehutanan Jabar selaku pelaksana program. Melalui aplikasi Simantri Bibit (Sistem Infomasi Kontribusi Bibit Jawa Barat), masyarakat tak perlu repot mencari bibit pohon dan lokasi lahan.

Simantri Bibit menyediakan layanan menu penyediaan bibit pohon dan lahan yang akan dipilih. Penanaman pun dilakukan oleh petugas Dinas Kehutanan yang selanjutnya dilaporkan kepada masyarakat.

"Yang mau menyumbang pohon, tapi tidak mau ribet, silakan masuk ke aplikasi Simantri Bibit, kita permudah urusannya. Dengan begitu, hanya dalam hitungan waktu kita dapat menghijaukan lagi lahan kritis," ucap Kang Emil. (ImanHa/Jawa Barat)

Baca Juga

Bibit Siklon 94w Berpotensi Jadi Siklon Tropis Sangat Tinggi

#Ridwan Kamil
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan