Ridwan Kamil Sampaikan Terima Kasih atas Dukungan dan Doa Masyarakat

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 14 Juni 2022
Ridwan Kamil Sampaikan Terima Kasih atas Dukungan dan Doa Masyarakat
Suasana permakaman Eril di Kabupaten Bandung. (Foto: MP/Humas Jabar)

MerahPutih.com - Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dimakamkan di area Islamic Center milik keluarga besar Ridwan Kamil di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6).

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun telah berpulang seorang hamba Allah yang dititipkan menjadi putra kami. Eril telah selesai tugas di dunianya dengan paripurna tidak kurang tidak lebih," kata Ridwan Kamil, usai prosesi tabur bunga dan doa bersama.

Ridwan Kamil mengaku sudah sangat ikhlas melepas kepergian sang putra tercinta. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil meyakini, Eril saat ini dalam kondisi tenang dan bahagia.

Baca Juga:

Ridwan Kamil: Dalam Kepulangannya, Eril Masih Mendatangkan Cinta Kepada Kami

"Eril pasti sangat bahagia dan tenang. Kami orang tuanya sudah sangat ikhlas dan mengucapkan syukur alhamdulillah ditempatkan di tempat dan proses yang baik," tuturnya.

Kang Emil juga memohon dibukakan pintu maaf kepada pihak-pihak yang semasa hidup Eril ada ucapan atau tindakan yang kurang berkenan.

Bila ada urusan Eril dengan pihak lain yang belum selesai, ia meminta untuk segera mendatangi pihak keluarga guna diselesaikan.

"Jika ada hal dunia seperti urusan janji atau piutang yang belum selesai kami mohon hubungi kami keluarganya," harap Kang Emil.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut, Kang Emil juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa yang dipanjatkan oleh berjuta-juta orang.

"Saya saksikan berjuta-juta doa dipanjatkan, kedatangan kami ke sini pun diiringi dukungan dan doa dari masyarakat," ucapnya.

Ridwan Kamil saat pemakaman putranya Eril di Kabupaten Bandung. (Foto: MP/Humas Jabar)
Ridwan Kamil saat pemakaman putranya Eril di Kabupaten Bandung. (Foto: MP/Humas Jabar)

Ungkapan rasa terima kasih juga ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin, dan para menteri, khususnya Kementerian Luar Negeri yang sudah banyak membantu mulai dari proses pencarian, hingga pemulangan jenazah Eril ke tanah air.

Sejak dinyatakan hilang pada 26 Mei 2022, di Sungai Aare, Bern, Swiss, Eril kemudian diketemukan sudah meninggal dunia pada 8 Juni 2022.

Selama 14 hari tersebut Kang Emil dan keluarga dibantu KBRI Bern berupaya keras dan terus fokus pada pencarian Eril.

"Mohon maaf selama 14 hari kemarin ada hal-hal yang kurang berkenan dan tidak nyaman, semata-mata kami berusaha berikhtiar sebaik-baiknya sambil berdoa," ungkapnya.

Baca Juga:

Putra Ridwan Kamil Dikebumikan di Permakaman Keluarga

Kang Emil berharap, semua pihak dapat menjaga privasinya yang kini masih dalam keadaan berduka. Ia sendiri sudah mengajukan cuti sebagai Gubernur Jabar sampai tanggal 19 Juni 2022.

"Izinkan kami untuk menyesuaikan diri terhadap situasi duka yang sedang kami alami, nanti ada waktunya saya bicara lebih panjang lebar," tutur Kang Emil.

Seusai prosesi pemakaman bersama keluarga, masyarakat umum kemudian berbondong-bondong mendatangi makam Eril untuk berziarah melantunkan doa.

Sebelumnya, jenazah tiba di permakaman pukul 10.55 WIB, diiringi lantunan selawat. Selain Ridwan Kamil dan ibunda Atalia Praratya Kamil, sang adik, Camillia Laetitia Azzahra dan keluarga besar turut mengiringi perjalanan Eril menuju peristirahatan terakhirnya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Interpol Polri Kirim Permohonan Pencabutan Yellow Notice Anak Ridwan Kamil

#Ridwan Kamil
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan