Ridwan Kamil Dinilai Berpotensi Jadi Cawapres Ganjar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 13 Juli 2023
Ridwan Kamil Dinilai Berpotensi Jadi Cawapres Ganjar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ketiga kiri) mendampingi Presiden Jokowi berkunjung ke Pasar Kreatif Jawa Barat, Selasa (11/7/2023). . ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom.

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kerap muncul dalam beberapa survei terkait calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai, Ridwan Kamil berpotensi menjadi cawapres mendampingi bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo.

Menurut Saidiman, Ridwan Kamil sebagai kader Partai Golkar berpotensi menjadi cawapres Ganjar karena mereka memiliki basis pendukung yang berbeda, seperti Ridwan Kamil yang memiliki basis pendukung di Jawa Barat sehingga keduanya dapat saling melengkapi dalam mendulang suara di Pilpres 2024.

Baca Juga:

Ridwan Kamil Minta Masyarakat Tetap Kondusif Seiring Penyelidikan Ponpes Al Zaytun

"Oleh karena itu, kalau Ridwan Kamil kemudian dipertimbangkan untuk menjadi salah satu tokoh alternatif menjadi cawapres Ganjar, itu sangat logis,” kata dia, seperti dikutip Antara.

Berikutnya, Saidiman menyoroti sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ridwan Kamil saat orang nomor satu di Indonesia itu melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, menurut dia, Jokowi tampak mesra dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, bahkan di sela-sela kunjungan kerja itu mereka sempat makan malam bersama di Pasar Kreatif, Jawa Barat.

Baca Juga:

Ridwan Kamil Sebut Ribuan Santri Al Zaytun akan Diambil Alih Kemenag

Dari kacamata politik, Saidiman melihat kedekatan tersebut merupakan bagian dari komunikasi politik. Meski belum diumumkan secara resmi, lanjut dia, Ridwan Kamil sudah masuk bursa bakal cawapres Ganjar Pranowo.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023. (*)

Baca Juga:

Dikaitkan Jadi Bacawapres Ganjar, Begini Kata Ridwan Kamil

#Ridwan Kamil #Ganjar Pranowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan