Ridwan Kamil Berikan Sanksi kepada ASN Berkinerja Rendah

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 31 Mei 2017
Ridwan Kamil Berikan Sanksi kepada ASN Berkinerja Rendah
Ridwan Kamil, wali kota Bandung. (Foto: Facebook/Ridwan Kamil)

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) akan memberikan tugas tambahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkinerja rendah, guna mampu mencapai jam kerja selama 6.000 menit.

"Harus menunjukan dia kerja 6.000 menit, kalau gak bisa membuktikan berarti dia berbohong atau apa. Jadi saya kasih tugas tambahan supaya genap 6.000 menit," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Rabu (31/5).

Sebelumnya, Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, sekitar 1.000 dari total 7.000 ASN di Kota Bandung memiliki kinerja rendah atau memiliki nilai di bawah 50 persen yang dapat diketahui melalui sistem Elektronik Remunerasi Kinerja (ERK). Dengan sistem ERK ini, seluruh ASN dapat mengukur tingkat produktivitas kerjanya. Sehingga tinggi atau rendahnya kinerja akan berpengaruh terhadap performa dinasnya.

"Sekarang instrumennya ketahuan soalnya mereka harus mendeskripsikan pekerjaan mereka," kata dia.

Menurut Emil, selama ini tidak ada teguran bagi para ASN yang tidak bekerja maksimal, sehingga mereka bisa bermalas-malasan dalam menyelesaikan tugasnya. Namun dengan adanya sistem ERK ini, seluruh kinerja ASN akan termonitor.

"Kayak pembuktian terbaik, buktikan kamu kerja 100 persen. Saat dia tidak bisa menulis, tidak bisa mendeskripsikan tugasnya ga ada buktinya berarti dia ga kerja," kata Ridwan Kamil.

Dia mencatat, ASN yang memiliki kinerja yang paling rendah terdapat di beberapa dinas seperti Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pendidikan (Disdik), serta Satpol PP. Sementara, ASN paling tinggi rata-rata bekerja di kecamatan. Para ASN yang kinerjanya di bawah 50 persen tidak akan memperoleh tunjangan kepegawaian daerah (TKD) dan hanya akan mendapat gaji pokok saja. Sementara untuk ASN yang kinerjanya di bawah 75 persen, tidak akan mendapatkan kenaikan pangkat di akhir tahun.

"Padahal kepala dinas bisa 40 juta sebulan, camat 30 juta sebulan, eselon III 30, masa sudah seheboh itu kinerjanya masih buruk," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Sumber: ANTARA

#Ridwan Kamil #Wali Kota Bandung #Aparatur Sipil Negara (ASN)
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan