Ridwan Kamil Apresiasi Uji Coba Kehadiran Penonton di Honda DBL Ridwan Kamil apresiasi uji coba kehadiran penonton di Honda DBL 2021 (Foto: istimewa)

SEIRING dengan meredanya kasus COVID-19, Pemerintah mulai memberikan izin uji coba kehadiran penonton pada venue kompetisi olahraga. Salah satunya yakni Honda Developmental Basketball League (Honda DBL) 2021 West Java Series. Liga basket pelajar terbesar di tanah air itu, menjadi liga pertama di Indonesia yang sukses menjalankan uji coba ini.

Baca Juga:

Pengin Jadi Atlet Basket Profesional? Denger Nih Kiat dari Andakara Prastawa

Kompetisi tersebut digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat, seperti diatur dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 57 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa dan Bali.

Honda DBL 2021 West Java Series uji coba kehadiran penonton dengan protokol kesehatan ketat (Foto: istimewa)

Kompetisi Honda DBL 2021 Seri Jabar ini sudah berlangsung sejak 6 November lalu di GOR Laga Tangkas SPORT Jabar Arcamanik, Bandung. Uji coba ini menghadirkan penonton hanya dilakukan pada babak semifinal pada Selasa (16/11) lalu, serta babak puncak atau final party yang berlangsung Kamis (18/11).

Mengikuti arahan pemerintah, jumlah penonton maksimal dalam venue dibatasi maksimal 122 orang. Penonton dibagi dalam dua kategori, undangan dan umum. Penonton undangan adalah orang tua, guru dan kepala sekolah dari tim yang lolos semifinal maupun final. Sedangkan penonton umum bisa mendapatkan tiket secara online melalui aplikasi DBL Play.

Syarat untuk yang ingin menonton langsung pada venue, yakni minimal berusia 20 tahun, sudah vaksin dua dosis, dan melakukan screening Peduli Lindungi. Selain itu, para penonton juga wajib duduk di kursi sesuai dengan nomor yang tertera pada tiket.

Tempat duduk diatur dengan jarak sekitar 2,5 meter. Selama di dalam venue pun, para penonton tidak diizinkan berpindah tempat duduk, serta wajib selalu menggunakan masker.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut hadir dan memantau langsung pelaksanaan uji coba penonton pada final party Honda DBL 201 Seri Jabar ini. Turut hadir pula Ketua Umum Pengurus Pusat Perbasi, Danny Kosasih. Selain menutup acara, Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) dan Danny Kosasih juga ikut bermain adu ketangkasan melakukan tembakan tiga angka yang didukung oleh Bank BJB selaku partner baru Honda DBL musim ini.

Secara khusus, Kang Emil memberi apresiasi kepada DBL Indonesia selaku penyelenggara, atas keberhasilan pelaksanaan uji coba penonton pada semifinal dan final Honda DBL 2021 Seri Jabar ini.

"Ketika DBL Indonesia menghadap, Alhamdulillah situasi Covid di Jabar sedang surut, sehingga saya motivasi agar melalui event Honda DBL bisa membuktikan bahwa pertandingan olahraga harus bisa melihatkan prokes ketat kalau ingin penonton diizinkan," tutur Ridwan Kami, pada siaran pers yang diterima merahputih.com.

Baca Juga:

Jangan Sampai Salah Memilih Sepatu Basket

Sementara itu, CEO & Founder DBL Indonesia Azrul Ananda menjelaskan bahwa uji coba penonton pada pelaksanaan Honda DBL Seri Jabar ini tak lepas dari peran Ridwan Kamil.

Uji coba menghadirkan penonton hanya dilakukan pada babak semifinal dan babak final (Foto: istimewa)

Orang nomor satu di Jawa Barat tersebut ini tidak hanya memfasilitasi, namun juga ikut mengawal dan menyakinkan pemerintah pusat agar Honda DBL Seri Jabar menjadi percontohan penyelenggaraan event olahraga dengan penonton.

"Terimakasih khusus pada Gubernur Jawa Barat, Kang Emil, berkat dukungan beliau Honda DBL Seri jawa Barat adalah kompetisi pertama sejak PON yang ada penontonnya, menurut saya ini sesuatu sangat penting, kelak kita akan mengingat Honda DBL dan kompetisi lain berjalan normal," ucap Azrul Ananda, CEO & Founder DBL Indonesia.

Tak lupa juga Azrul mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pemerintah pusat, khususnya Kemenkomarves, Kemenpora, Kemenkes, serta Kemendagri, atas kepercayaannya untuk melakukan uji coba penonton pada Honda DBL.

Penerapan prokes ketat tetap menjadi inti dari diizinkannya penonton yang hendak menyaksikan langsung di dalam venue. Dari berbagai prosedur yang telah ditetapkan oleh DBL Indonesia, para penonton pun merasa aman dan nyaman selama menikmati pertandingan. (ryn)

Baca Juga:

Melatih Mental Juara di Basket Jalanan ala Richard 'Insane'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Lebih Awet Mana, Bahan Kulit Vegan atau Hewan?
Fashion
Lebih Awet Mana, Bahan Kulit Vegan atau Hewan?

Munculnya berbagai tas kulit vegan sulit dibedakan dari kulit hewan.

Oscar kembali Menampilkan Host untuk Pertama Kali sejak 2018
ShowBiz
Oscar kembali Menampilkan Host untuk Pertama Kali sejak 2018

Belum diketahui siapa yang menjadi host.

 Kiwis yang Lahir setelah 2008 Dilarang Merokok
Hiburan & Gaya Hidup
Kiwis yang Lahir setelah 2008 Dilarang Merokok

Diharapkan akan diberlakukan tahun depan.

Restoran Prancis Sajikan Larva Kumbang, Enek atau Enak?
Fun
Restoran Prancis Sajikan Larva Kumbang, Enek atau Enak?

Larva Kumbang jadi bahan makanan di restoran Prancis ini.

Cara Tepat Merawat Alat Makeup
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Tepat Merawat Alat Makeup

Riasan jadi makin bagus.

Desainer AS Memukau Paris dengan Rancangan Bertema Black Inventors
Fashion
Desainer AS Memukau Paris dengan Rancangan Bertema Black Inventors

Peragaan busana Wat U Iz adalah pelajaran sejarah yang disemat dengan humor Pop Art.

Film 'Dear Evan Hansen' Buka Festival Film Toronto
ShowBiz
Film 'Dear Evan Hansen' Buka Festival Film Toronto

Mengisahkan seorang remaja yang berjuang melawan keterasingan dan kesepian.

Atasi Dehidrasi dengan Asupan Cairan
Fun
Atasi Dehidrasi dengan Asupan Cairan

dehidrasi terjadi ketika tubuhmu kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi.

Khasiat Chamomile untuk Kulit Wajah
Fun
Khasiat Chamomile untuk Kulit Wajah

Jenis bunga chamomile yang memaksimalkan perawatan kulit yakni German Chamomile dan Roman Chamomile.

Setelah Setahun Tutup, Bioskop Solo Resmi Dibuka
Fun
Setelah Setahun Tutup, Bioskop Solo Resmi Dibuka

Tapi persyaratan protokol kesehatan yang ketat harus diikuti sesuai izin Satuan Gugus COVID-19.