Ridwan Kamil Akui Teriak '01 Juara' di Harlah NU Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (MP/Mauritz)

MerahPutih.Com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak menampik telah meneriakkan yel-yel '01 juara' di kegiatan Harlah NU ke-93 dan Muslimat NU ke-73 yang digelar di Garut, Sabtu (9/2) lalu.

Namun begitu, dia membantah melakukan pelanggaran kampanye saat menghadiri acara tersebut. Alasannya, karena memang kegiatan tersebut sekaligus mendeklarasikan dukungan kepada paslon nomor 01.

"Betul (meneriakkan 01 juara) di deklarasi, di acara ronde kedua," kata Ridwan Kamil kepada wartawan usai menyambangi kediaman Cawapres nomor 01 Ma'ruf Amin, Selasa (12/2).

Dia menjelaskan, pernyataan '01 juara' disampaikan pada saat dirinya berpidato di kegiatan deklarasi (acara kedua) dan bukan di kegiatan Harlah NU (acara pertama).

Kegiatan Harlah NU
Para pejabat dan petinggi partai politik dalam acara Harlah NU (MP/Fadhli)

"Acaranya benar terbagi dua, ronde pertama harlah saya tidak bicara, ronde kedua deklarasi (saya berpidato). Kenapa itu deklarasi? Dari layar di belakang panggungnya aja udah besar jadi tau ada deklarasi," kata pria yang karib disapa Kang Emil.

Lagi pula, kehadiran dirinya sebagai tokoh Jabar dan digelar pada hari libur (weekend). "Saya tahu bahwa urusan perkampanyean itu hanya boleh dilakukan di akhir pekan," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Ridwan Kamil menanggapi laporan Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) ke Bawaslu RI karena dugaan melakukan pelanggaran kampanye.

Kang Emil dilaporkan terkait teriakkan '01 juara' di hadapan ribuan massa yang menghadiri Harlah NU ke-93.

"Ya mungkin orang iseng aja bikin tafsir kemudian dilaporkan ke bawaslu. Saya kira itu resiko ya," pungkasnya.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pimpinan Muhammadiyah Imbau Masyarakat Waspadai Provokasi Kepentingan Pihak Tertentu

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH