Ridwan Kamil Akan Menjamu Jakmania di Pendopo, Ada Apa? Ricko Andrean, suporter Persib Bandung yang tewas dikeroyok.

MerahPutih.com - Perseteruan antara Jakmania dan Bobotoh Bandung memang sudah lama terjadi. Namun kini banyak pihak yang terus berupaya agar kedua kelompok supoterter Jakarta dan Bandung itu tak lagi "berperang". Bahkan para pentolan Jakmania dan Bobotoh Persib menyerukan berdamai. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun mengundang Jakmania ke Pendopo Kota Bandung untuk membahas perdamaian tersebut.

"Hari Kamis atau Jumat rombongan The Jak (Jakmania) akan datang ke Bandung dipimpin oleh pimpinan dan pemilik Persija, Pak Gede. Sedang diatur waktunya, untuk kami memberikan gesture perdamaian," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo, Senin.

Menurutnya, kedatangan Jakmania tersebut berdasarkan undangan serta rencana dari Jakmania sendiri yang akan ke Bandung. Namun dia belum mengetahui bagaimana teknis dari pertemuan tersebut. "Harus kita ambil hikmahnya Ricko Andrean itu (suporter Persib yang meninggal dunia). Kami akan sambut di Pendopo," kata dia.

Ia juga mengapresiasi upaya damai yang dilakukan antara bobotoh Persib dengan Jakmania di daerah perbatasan seperti Bekasi dan Purwakarta. Hal ini merupakan langkah awal untuk merajut perdamaian antar suporter yang dikenal selalu bertikai.

"Ya bagus, kalau di Bandung agak susah mencari The Jak-nya. Kalau di perbatasan memang banyak dan sering saya temui dan saya apresiasi," kata dia.

"Tapi apapun itu, yang penting membawa semangat bahwa sepakbola tentang fairplay, dan persatuan. Jadi rivalitas tanpa kriminalitas," imbuhnya. (*)



Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH