Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Bantu Pengungsi Gunung Agung

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Jumat, 29 September 2017
Ridwan Kamil Ajak Masyarakat Bantu Pengungsi Gunung Agung
Sejumlah anak pengungsi letusan Gunung Agung bermain bola di posko pengungsian Desa Les, Kabupaten Buleleng, Bali, Minggu (24/9). (ANTARA FOTO/Wira Suryantala)

MerahPutih.com – Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengajak masyarakat membantu pengungsi Gunung Agung di Bali melalui website penggalangan dana, kitabisa.com.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menetapkan status Awas pada Gunung Agung yang terletak di Karangasem di Bali bagian timur, pada Jumat (22/9) lalu.

Hingga kini, jumlah pengungsi sudah mencapai 96.086 jiwa tersebar di 430 titik pengungsian di 9 kabupaten/kota di Bali. Jumlah pengungsi diperkirakan akan terus bertambah. Ribuan pengungsi mulai mengalami gangguan kesehatan, seperti ISPA (Inpeksi Saluran Pernapasan Atas), diare, dan sebagainya.

"Mari ringankan beban pengungsi Gunung Agung di Karangasem Bali, mari udunan untuk saudara kita di Bali," tulis Ridwan Kamil di website tersebut.

Ridwan Kami menampilkan beberapa foto para pengungsi Gunung Agung di website kitabisa.com. Dalam salah satu foto tampak seorang bocah dalam pangkuan perempuan di atas truk yang membawanya ke pengungsian.

Ridwan Kamil juga meng-share ajakan untuk menyumbang ke akun media sosialnya, facebook, twiter dan instagram, yang follower-nya mencapai 12 juta orang, pada Kamis (28/9) petang.

Kang Emil, saapan akrab Ridwan Kamil, mematok target jumlah sumbangan sebesar Rp 500 juta dalam tempo sepuluh hari. Sampai pukul 16.47 WIB telah terkumpul dana sebanyak lebih dari Rp 33 juta dari 271 donatur.

Sebelumnya, Kang Emil sudah beberapa kali mengalang dana melalui Kitabisa.com, salah satunya untuk warga Muslim Rohingya. Ketika itu Kang Emil mematok target sumbangan sebesar Rp 1 miliar dalam waktu satu bulan.

Di luar dugaan, hanya dalam tempo kurang dari tiga hari sudah terkumpul bantuan sebesar Rp, 1, 1 miliar. Pengalangan dana akhirnya dihetikan pada hari keenam ketika terkumpul lebih dari Rp. 3 miliar. Bantuan lalu disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap. (*)

Berita ini adalah hasil liputan Mauritz, reporter atau kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Untuk mengikuti hasil liputan Mauritz lainnya , baca saja: Kapolda Jabar: Pemanggilan Pertama Untuk Rizieq Hari Selasa

#Ridwan Kamil #Walikota Bandung #Gunung Agung #Bali
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan