Richard Sam Bera dan Costeira Ramaikan Bengkulu Triathlon Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Fajar Rusdianto memaparkan rute Bengkulu Triathlon 2017 di Mako Angkatan Laut Bengkulu, Sabtu (15/). (Foto ANTARA/David Muharmansyah)

MerahPutih - Gelaran Bengkulu Triathlon 2017 pada Sabtu (22/7) mendatang akan diikuti mantan perenang nasional Richard Sam Bera dan juara wanita Sungailiat Triathlon 2017 Sarah Virginia Costeira. Kehadiran kedua atlet berbeda generasi itu diharapkan bisa menarik minat peserta dan masyarakat pada lomba multicabang itu.

Richard Sam Bera adalah perenang andalan Indonesia yang berjaya pada tahun 1980-an hingga awal 2000-an. Perenang yang sekarang berusia 46 tahun itu kerap kali meraih medali di tingkat Asia maupun level internasional.

"Dia sekarang menjadi atlet triathlon dan masih sangat disegani lawannya," ujar Ketua Panitia Bengkulu Triatlon 2017 Fajar Rusdianto di Bengkulu, Sabtu (15/7).

Sementara Sarah Virginia Costeira adalah atlet asal Prancis yang memiliki keturunan darah Portugal. Perempuan berusia 26 tahun itu barus saja menjuarai Sungailiat Triathlon pada April lalu untuk karegori wanita jarak jauh.

Sarah Virginia Costeira yang telah mendedikasikan dirinya sebagai atlet triathlon diharapkan menjadi magnet yang bisa meningkatkan semangat bertanding untuk atlet lokal.

Selain Sarah Virginia Costeira, juga ada enam atlet asing lainnya yang akan berlaga di lomba tersebut, antara lain dari Amerika Serikat, Inggris, Turki, dan Jerman.

"Kita juga menunggu konfirmasi publik figur lainnya, yakni Farhan, yang saat ini juga kerap ikut triathlon," ujar pria berpangkat Letkol Laut (Pelaut) ini.

Triathlon yang berlangsung pertama kali di Provinsi Bengkulu ini akan menempuh jarak 1,5 km untuk cabang renang, 40 km untuk cabang balap sepeda, serta 10 km untuk cabang marathon.

Sebagian besar kegiatan akan berlangsung di tengah Kota Bengkulu dengan melintasi sejumlah obyek wisata antara lain Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Soekarno, Pantai Panjang, dan Rumah Ibu Fatmawati.

Selain ajang olahraga, Bengkulu Triatlon 2017, yang menyediakan hadiah total mencapai Rp200 juta ini juga bertujuan untuk lebih mengenalkan potensi wisata Provinsi Bengkulu ke dunia internasional.

"Kita tidak ingin Bengkulu dikenal dari sisi negatif terus. Saatnya kita bangkit dengan dumulai dari Bengkulu Triathlon 2017," kata Fajar, yang juga Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu ini. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Yohannes Abimanyu

YOU MAY ALSO LIKE