Ribut Perppu Ormas, Wiranto: Ini Bukan untuk Sudutkan Islam Menko Polhukam Wiranto (kiri) bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan) (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menegaskan, penerbitan Perppu No. 2 Tahun 2017 bukan untuk menyudutkan ormas Islam.

Ia menjelaskan, aturan yang dikeluarkan pemerintah tersebut demi menjaga keselamatan bangsa dan negara.

"Negara punya ideologi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Itu sedang terancam dengan kegiatan ideologis. Kalau tidak dicegah bisa-bisa muncul satu gerakan massif yang kemudian mengganti negara kita. Siapa yang mau bertanggungjawab," kata Wiranto di Gedung Menkopolhukam, Jakarta, Senin (17/7).

Diakuinya, UU ormas sebelumnya perlu disempurnakan untuk menangkal kegiatan organisasi yang berhaluan anti-Pancasila. Karena itu, kata Wiranto, pemerintah berinisiatif mengeluarkan Perppu Ormas.

"Pemerintah sebagai yang punya tanggung jawab menjaga keselamatan bangsa melihat UU itu tidak lagi cukup, maka menerbitkan Perppu yang memperkuat UU itu," ucapnya.

Jadi, tidak ada maksud tertentu untuk mendiskreditkan umat Islam apalagi memusuhi.

"Ribut-ribut ini harus berhenti karena tujuannya baik. Apalagi ada yang bilang Perppu ini mendiskreditkan umat Islam. Saya tegaskan dari awal bukan untuk menyudutkan Islam," tandasnya. (Fdi)

Baca berita terkait Perppu Ormas lainnya di: Perppu Ormas, Wiranto Heran Disebut Tidak Demokratis



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH