Ribuan Warga Tiongkok Antusias Saksikan Festival Budaya Indonesia di Xiamen Kongres Perhimpunan Pelajar Indonesia di Xiamen, Tiongkok (Foto: PPI Tiongkok)

MerahPutih.Com - Festival Budaya Indonesia yang diselenggarakan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok mendapat sambutan hangat dari warga Tiongkok. Ribuan warga menyaksikan pentas budaya yang dibawakan para pelajar dan mahasiswa Indonesia tersebut.

Sedikitnya 2.500 orang menyaksikan Festival Budaya Indonesia sebagai penutup rangkaian kegiatan Kongres Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok di Xiamen, Provinsi Fujian, Minggu (29/4).

Acara yang digelar di lapangan terbuka kampus Huaqiao University itu tidak dipungut biaya.

Pentas Budaya Indonesia oleh PPI Tiongkok
Festival Budaya Indonesia oleh PPI Tiongkok di Xiamen (Foto: PPI Tiongkok)

Para penonton yang terdiri dari para pelajar Indonesia, warga masyarakat sekitar kampus, dan mahasiswa dari berbagai negara, termasuk Tiongkok hanya diminta memindai barkode panitia di WeChat, platform media sosial populer di China.

"Hingga pukul 19.00 (18.00 WIB), jumlah yang hadir melalui WeChat sudah mencapai 2.500 orang," kata Ketua Dewan Pertimbangan PPI Tiongkok Raynaldo Aprillio yang juga penanggung jawab acara tersebut.

Acara tersebut dibuka dengan penampilan tari-tarian tradisional Nusantara oleh para mahasiswa Indonesia di Xiamen.

Salah satu penampilan Tari di Festival Budaya Indonesia
Salah satu penampilan anggota PPI Tiongkok (Foto: PPI Tiongkok)

Dilanjutkan dengan kelompok paduan suara para warga lanjut usia Xiamen yang lahir atau pernah tinggal di Indonesia dengan menyanyikan lagu berjudul Desaku dan Indonesia Pusaka.

Makin malam suasana semakin menggerahkan setelah para pelajar Indonesia bernyanyi dan berjoget diiringi musik pop yang menghentak.

"Adik-adik pelajar telah menunjukkan 'team work' yang kuat bagi kemajuan Indonesia," kata Konsul Jenderal RI untuk Guangzhou, Gustanto.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Pariwisata Don Kardono sebagaimana dilansir Antara menyampaikan terima kasih kepada para anggota PPI Tiongkok yang turut mempromosikan pariwisata Nusantara melalui Festival Budaya Indonesia.

Para anggota PPI Tiongkok
Para anggota panitia festival budaya Indonesia di Xiamen (Foto: PPI Tiongkok)

China merupakan penyumbang terbesar wisatawan mancanegara ke Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Acara tersebut juga dihadiri Konsul Keuangan dan Bea Cukai KJRI Hong Kong Imik Eko Putro dan beberapa pejabat dari KBRI Beijing dan KJRI Guangzhou serta jajaran pejabat rektorat Huaqiao University.

Sebelumnya digelar Simposium Nasional PPI Tiongkok dengan menghadirkan pembicara dari Indonesia dan China.

Kongres PPI Tiongkok yang dibuka Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun, Jumat (27/4), berhasil memilih Ketua PPI Tiongkok periode 2018-2020.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Hari Tari Dunia dalam Indonesia Menari dari Banua hingga Solo



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH