Ribuan Warga Nahdliyin Hadiri Haul Gus Dur ke-9 Ribuan warga Nahdliyin menghadiri Haul Gus Dur (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Ribuan Nahdliyin mulai padati lokasi peringatan haul ke-9 Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang digelar di Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (21/12) malam.

Pantauan di lokasi, warga mulai memadati lokasi sejak pukul 18.00 WIB. Tiba di lokasi mereka kemudian melantunkan shalawat nabi dan zikir.

Di kesempatan yang sama sejumlah tokoh nasional juga terlihat mulai berdatangan. Terpantau diantaranya, Agum Gumelar, Mahfud MD, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Frans Magnis Suseno hingga Hendardi, Sujewo Tejo, dan Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng).

Tokoh nasional menghadiri Haul Gus Dur
Sejumlah tokoh dan ulama menghadiri haul Gus Dur di Ciganjur (MP/Fadhli)

Di samping itu, sejumlah tokoh yang telah terkonfirmasi hadir yaitu Pengasuh Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah, KH Maemun Zubair, Tokoh Agama dan pengasuh pengajian di Kota Depok Habib Abu Bakar Al-Attas, seniman Ebiet G Ade, sastrawan dan tokoh agama asal Madura KH Dzawawi Imron, penulis dan tokoh perempuan Tuti Herati Nurhadi, tokoh jurnalis Aritides Katoppo.

Haul Gus Dur ke-9 mengangkat tema "Yang Lebih Penting dari Politik adalah Kemanusiaan".

"Tema itu diambil dari salah satu pernyataan Gus Dur semasa hidup. Sebagai tokoh agama dan pejuang demokrasi, Gus Dur dikenal orang yang gigih memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan dan menolak cara-cara kekerasan," kata Alissa Wahid Jumat (21/12).(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: SBY: Kami Akan Berjuang Baik-baik, Tolong Jangan Ganggu Kami!

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH