Ribuan Sopir Angkot di Malang Ancam Demo Besar-besaran Tolak Taksi Online ilustrasi demo driver taksi argometer menolak taksi online. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Ribuan sopir angkutan kota (angkot) dari berbagai trayek yang beroperasi di wilayah Kota Malang, Jawa Timur memprotes beroperasinya kembali transportasi berbasis online. Para sopir angkot mengancam akan menggelar demonstrasi besar-besaran dan mogok massal.

Aksi ini dilakukan menindaklanjuti ketidakjelasan aturan soal transportasi online tersebut rencananya digelar Senin (18/9) di kawasan Stasiun Kotabaru, gedung DPRD hingga Balai Kota Malang di Jalan Tugu.

Ketua Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Malang, Rudi Soesamto mengatakan aksi tersebut merupakan upaya angkot dan taksi resmi mendapat perlindungan dari pemerintah. Sebab, selama ini merekalah yang memiliki izin operasional angkutan.

"Kami berharap transportasi berbasis online ini tidak melakukan operasional terlebih dahulu hingga ada keputusan dari Kementerian Perhubungan. Kami hanya meminta keadilan dalam menjalankan transportasi umum sesuai peraturan perizinan, sementara transportasi online tidak punya izin apapun," katanya di Malang, Jawa Timur, Sabtu (16/9).

Bahkan, lanjutnya, di tingkat pusat pun belum ada tindak lanjut resmi soal putusan MA atas aturan transportasi online.


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH