Ribuan Rumah Susun Bakal Dibangun di 7 Provinsi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 24 Juni 2020
Ribuan Rumah Susun Bakal Dibangun di 7 Provinsi
Rumah susun yang dibangun Kementerian PUPR. (Foto: PUPR).

MerahPutih.com - Pemerintah berencana membangun 7.724 unit rumah susun sebagai target prioritas pembangunan pada tahun depan. Pembangunan ribua rumah tersebut bakal tersebar di 7 provinsi d Riau, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Sulawesi Utara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan selain rumah susun, pihaknya bakal membangun 2.640 unit rumah khusus di kawasan perbatasan, Kabupaten Banjar Baru, Kabupaten Morowali dan Kabupaten Konawe Selatan pada 2021.

Selain itu, akan memberikan bantuan rumah swadaya 111.300 unit yang tersebar di 33 provinsi, kemudian pembangunan prasarana, sarana dan utilitas sebanyak 40 ribu unit bagi rumah umum dan komersial serta dukungan lainnya seperti pembangunan, pengaturan, pengawasan serta dukungan manajemen.

Baca Juga:

Prajurit TNI Gugur di Kongo, KSAD Andika Tunggu Kronologi dari Mabes TNI

Paling tidak, program perumahaan untuk rakyat tersebut, Kementerian PUPR bakal mengalokasikan total anggaran sebesar Rp7,48 triliun. Rinciannya, untuk anggaran pembangunan rumah susun sebesar Rp3,51 triliun, kemudian rumah swadaya sebesar Rp2,51 triliun, anggaran bagi konstruksi rumah khusus sebesar Rp610 miliar. Selain itu, total anggaran juga akan digunakan untuk rumah khusus dan komersial sebesar Rp410 triliun, dan dukungan lainnya sebesar Rp460 triliun.

Pembangunan Rumah
Pembangunan Rumah. (PUPR)

Program perumahan dan kawasan pemukiman merupakan salah satu program Kementerian PUPR pada tahun 2021. Keempat program lainnya yakni dukungan manajemen, program pendidikan dan pelatihan, program infrastruktur konektivitas dan program ketahanan sumber daya air.

"Program ini, hasil desain ulang yang dilakukan Kementerian PUPR dengan menyederhanakan program, dari semula 13 program pada tahun 2020 menjadi hanya lima program pada tahun 2021," katanya.

Baca Juga:

OJK Siapkan Data Buat Program Subsidi Bunga

#Kementerian PUPR #Rumah Susun #Subsidi Rumah
Bagikan
Bagikan