Ribuan Polisi Jaga Obyek Vital dan Tutup Akses Jalan Gedung DPR Aparat kepolisian. Foto: Net

MerahPutih.com - Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo menyebut puluhan ribu aparat Polri mengawal jalannya pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024.

Ada pula bantuan dari anggota TNI sebanyak 7.800 orang guna membantu mengawalnya. Pelantikan diketahui dilakukan di ruang rapat Paripurna gedung Nusantara I komplek DPR RI.

Baca Juga

Pedagang Masker Ikut 'Siaga' Ramaikan Pelantikan DPR Baru

"Sekitar 16.400 polri dan TNI 7.800. Pengamanan obyek DPR, Istana, sentra-sentra ekonomi dan objek-objek vital di Jakarta," kata dia saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (1/10)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. (ANTARA News/ Anita Permata Dewi)
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. (ANTARA News/ Anita Permata Dewi)

Pola pengamanan terbagi jadi tiga lapis atau tiga ring. Di mana ring pertama di area tempat pelantikan anggota DPR baru, ring kedua di seluruh gedung DPR, kemudian ring ketiga di halaman parkir.

"Sedangkan di jalan-jalan anggota lantas dan Sabhara melaksanakan pengamanan, penegakkan terukur, dan patroli," kata dia lagi.

Sementara, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali harus menerapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Gedung DPR RI, Selasa 1 Oktober 2019.

Selain karena adanya pelantikan anggota DPR-DPD baru hari ini, hal tersebut juga tak lain imbas akan adanya kembali rencana aksi lagi di sana hari ini. Setidaknya ada 1472 personel polisi lalu lintas disiagakan terkait dua hal ini. Rekayasa lalin dilakukan agar pengendara lain tidak terganggu aktivitasnya.

Baca Juga

Menengok Peta Pimpinan Parlemen 2019-2024

"Hari ini kita siapkan 1.472 personel lalu lintas untuk bantu atur jalur sekitaran lokasi pelantikan DPR," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir

Akses jalan menuju gedung DPR/MPR juga ditutup. Maka dari itu, pengendara diimbau mengikuti rekayasa lalin yang telah disiapkan.

Para pengendara diharapkan maklum atas hal ini. Penutupan menggunakan MCB (movable concrete barrier) atau beton pembatas, security barrier atau kawat berduri, dan water barrier.

Aparat kepolisian
Aparat kepolisian

"Belum ada perubahan arus. Jalur yang ditutup dan direkayasa juga masih sama," kata dia lagi.

Baca Juga

Anggota MPR, DPR, DPD Periode 2019-2024 Dilantik Hari Ini

Berikut rekayasa lalin yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi ditutup di bawah flyover Ladokgi, diarahkan ke Gerbang Pemuda.

2. Jalan Gerbang Pemuda yang arah ke kiri ke Jalan Gatot Subroto ditutup, diputar balik ke Gerbang Pemuda di kolong Ladokgi atau lurus ke Jalan Gatot Subroto arah timur atau ke Bendungan Hilir.

3. Jalan Gerbang Pemuda yang arah ke kiri ditutup, dibelokkan ke kiri ke arah Jalan Asia Afrika ke Jalan Senayan dan Jalan Pakubuwono.

4. Jalan Asia Afrika ke barat bisa lurus ke Jalan Tentara Pelajar atau ke arah Jalan Gerbang Pemuda lalu putar balik di bawah Ladogi.

5. Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti di traffic light Palmerah diluruskan ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama dan belok kiri ditutup.

6. Jalan Tentara Pelajar pojok Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH