Ribuan Peserta Ikuti Lari Lintas Alam Gunung Semeru  Wagub Jatim, Saifullah Yusuf (tengah) menerima penyelenggara BTS Ultra 100 di kantornya, Jumat (22/9). (MerahPutih.com/Bud Lentera)

MerahPutih.com - Sebanyak 1.000 pelari lintas alam dari 143 negara akan berlari naik ke Gunung Semeru. Pelari-pelari dunia itu akan melewati jalur pendakian dari Bromo ke Ranupane dan Danau Ranu Kumbolo hingga Kali Mati.

"Dari Ranu Kumbolo, kita turun lagi lewat jalur Ayak-ayak. Bagi para pendaki, tidak usah khawatir. Karena even itu kita tidak menutup agenda pendakian bagi para pecinta alam. Justru kita akan sharing," kata Race Director BTS Ultra 100 Rudi Rochmansyah, saat melakukan koordinasi di ruangan Wagub Jatim, Saifullah Yusuf di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/9).

Dijelaskannya, even Bromo-Tengger-Semeru (BTS) yang diselenggarakan 3-5 November 2017, diikuti banyak negara seperti Prancis, Jerman, Swiss, Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, Hong Kong, dan sebagainya. Dari lndonesia terdapat 742 peserta. Jawa Timur sebagai tuan rumah menyumbang peserta terbanyak, 196 pelari.

Jumlah yang mendaftar sebenarnya ada 1.303 pelari. Namun, banyak dari mereka yang belum memenuhi kualifikasi untuk ikut turun beriari di nomor yang mereka kehendaki.

Nantinya, lanjutnya, ada empat nomor yang dilombakan dalam lari lintas alam tersebut. Jarak yang terjauh 170 km atau 100 mil, 102 km, 70 km dan 30 km.

"Semuanya start dan finis di Lava View Hotel. Desa Wonokitri, Cemoro Lawang Tosari, Pasuruan, Jawa Timur. Sebagai contoh untuk rute 170 km start di Lava View Cemoro Lawang Ialu turun ke lautan pasir Bromo dan naik ke bukit B29. Selanjutnya menuju Ranu Pane dan masuk ke jalur pendakian Gunung Semeru mulai Ranu Kumbolo hingga Kali Mati," ujarnya.

Sementara Gus Ipul, panggilan Saifullah Yusuf, menyambut baik kegiatan tersebut.

"Ini bisa memancing wiasta bahwa Jawa Timur enak untuk wisata. Lewat danau padang pasir, savana dan lain-lain. Ini perlombaan yang dahsyat," ujarnya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Polda Jatim Mulai Garap Kasus Investasi Ustaz Yusuf Mansur



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH